Text
Pengaruh Bauran PemasaranTerhadap Keputusan Konsumen Dalam Membeli Buku Di Ramedia Di Kota Palu
ABSTRAKSI
Pengaruh Bauran PemasaranTerhadap Keputusan Konsumen Dalam Membeli Buku Di Ramedia Di Kota Palu.
Delvin Eunike Wile C 201 11 052, di bimbing oleh Bapak Prof. Dr. H. Syamsul Bachri,SE. M.SI selaku Pembimbing I dan Bapak Dr. Sulaeman Miru, SE. M. SI selaku Pembimbing II
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh bauran pemasaran yang terdiri dari Produk, Harga, Tempat, dan Promosi Terhadap Keputusan Konsumen membeli Buku di Ramedia baik secara serempak maupun parsial.
Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh konsumen yang membeli buku pada Toko Ramedia, dengan jumlah seluruhnya 70 orang, yang terdiri dari 23 laki-laki dan 47 perempuan. Pengumpulan data sampel yang digunakan adalah Purposive Sampling. Adapun metode yang analisis data yang digunakan, adalah analisis regresi linear berganda ( Multiple Linear Regression).
Dari hasil pengujian penelitian yang telah dilakukan bahwa nilai hasil pengujian Sig. F atau probabilitasnya adalah 0.000, yang artinya bahwa jika nilai Sig F (probability) ≤ α = 0.05, maka dapat diketahui bahwa variabel bauran pemasaran yang terdiri atas produk, harga, tempat, dan promosi berpengaruh signifikan. Untuk pengujian secara parsial menunjukkan bahwa variabel bauran pemasaran yaitu produk yang telah terbukti berpengaruh paling dominan terhadap keputusan konsumen membeli buku pada toko Ramedia di Kota Palu.
Berdasarkan persamaan regresi linear berganda di atas, dapat dijelaskan koefisien bauran pemasaran (produk, harga, tempat, dan promosi) menunjukkan variabel bauran pemasaran (X_(1 ,) X_(2,) 〖 X〗_(3.) X_4) berpengaruh positif terhadap keputusan konsumen dalam membeli buku pada toko Ramedia di Kota Palu. Dengan besar R Square (R^2) sebesar 0.615 atau 61.5% terhadap keputusan konsumen membeli buku pada toko Ramedia di Kota Palu. Sedangkan sisanya (100% - 61.5% =38.5%) dijelaskan oleh sebab-sebab yang di luar dari variabel yang diteliti. Sedangkan tingkat kuat lemahnya keeratan hubungan antara keempat variabel bebas terhadap keputusan konsumen membeli buku pada toko Ramedia, dapat dilihat melalui nilai Adjused R Square 0.591 atau sebesar 59.1%.
Kata kunci : Bauran Pemasaran, Keputusan Konsumen, Ramedia
Tidak tersedia versi lain