Text
Pengaruh Total Quality Management terhadap kinerja pelayanan pada Rumah Sakit Anutapura Palu
ABSTRAKSI
Pengaruh Total Quality Management terhadap kinerja pelayanan pada Rumah Sakit Anutapura Palu dibimbing oleh Husein H.M. Saleh dan Suryadi Hadi
Tujuan penelitan ini andalah untuk mengetahui dan menjelaskan pengaruh Total Quaiity Management yang terdiri atas Praktek Manajemen Inti, Praktek Infrastruktur, dan Praktek Inti terhadap kinerja pelayanan rumah sakit Anutapura di Palu. Penelitian ini dilakukan menggunakan teknik deskriptif kausal dengan menggunakan sampel proporsional yang terdiri atas tenaga medis dan tenaga non medis dan melibatkan sebanyak 100 sampel.
Penelitian ini menggunakan analisis regresi linear berganda untuk menguji empat hipotesis yang diajukan untuk menjawab empat permasalahan penelitian yang diajukan. Hasil analisis menunjukkan bahwa hipotesis pertama yang menyatakan diduga bahwa Total Quality Management berpengaruh secara serempak dan signifikan terhadap kinerja pelayanan pada Rumah Sakit Anutapura Palu terbukti. Hipotesis kedua yaitu diduga bahwa Praktek Manajemen berpengaruh secara signifikan terhadap kinerja pelayanan pada Rumah Sakit Anutapura Palu terbukti. Hipotesis ketiga yaitu diduga bahwa Praktek Infrastruktur berpengaruh secara signifikan terhadap kinerja pelayanan pada Rumah Sakit Anutapura Palu terbukti. Demikian juga hipotesis keempat yaitu diduga bahwa Praktek Inti berpengaruh secara signifikan terhadap kinerja pelayanan pada Rumah Sakit Anutapura Palu juga terbukti.
Pengaruh semua variabel peneiitian menunjukkan bahwa baik praktek manajemen, praktek infrastruktur dan praktek inti masing-masing memiliki pengaruh positif terhadap kinerja layanan. Dengan demikian maka untuk mampu meningkatkan kinerja pelayanan, Rumah Sakit Anutapura sebaiknya terus meningkatkan Total Quality Management.
Keyword: Total Quality Management, Kinerja Pelayanan, Praktek Manajemen, Praktek Infrastruktur, Praktek Inti.
Tidak tersedia versi lain