Text
Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Masyarakat Dalam Kepengurusan STNK dan Pembayaran Pajak Pada Kantor SAMSAT UPTD Wilayah I di Kota Palu
ABSTRAK
MOH. RIZAL, STAMBUK : C 201 13 332, Judul Penelitian : “Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Masyarakat Dalam Kepengurusan STNK dan Pembayaran Pajak Pada Kantor SAMSAT UPTD Wilayah I di Kota Palu”
Pembimbing I : H. Syamsul Bahri Dg. Parani, SE., MM
Pembimbing II : Nirwan, SE., M.Si
Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh Kualitas Layanan yang terdiri dari reliabilitas, daya tanggap, jaminan, empati, dan bukti fisik secara serempak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan masyarakat dalam kepengurusan STNK dan pembayaran pajak pada kantor SAMSAT UPTD Wil. I Palu. Variabel penelitian ini yaitu Kualitas Layanan (X) yang terdiri dari reliabilitas, daya tanggap, jaminan, empati, dan bukti fisik. Sedangkan variabel dependen yaitu Kepuasan Konsumen (Y). Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kausal dengan jumlah sampel 60 orang dengan teknik incidental sampling dan Metode Analisis Regresi Linear Berganda dengan bantuan program komputer SPSS For Windows Release 16.0.
Untuk menganalisis pengaruh variabel independen secara serempak terhadap dependen digunakan uji-F dan menganalisis pengaruh variabel independen secara parsial terhadap variabel dependen digunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1). Kualitas Layanan yang terdiri dari reliabilitas, daya tanggap, jaminan, empati, dan bukti fisik secara serempak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan masyarakat dalam kepengurusan STNK dan pembayaran pajak pada kantor SAMSAT UPTD Wil. I Palu; 2). Reliabilitas berpengaruh signifikan terhadap kepuasan masyarakat dalam kepengurusan STNK dan pembayaran pajak pada kantor SAMSAT UPTD Wil. I Palu; 3). Daya Tanggap berpengaruh signifikan terhadap kepuasan masyarakat dalam kepengurusan STNK dan pembayaran pajak pada kantor SAMSAT UPTD Wil. I Palu; 4). Jaminan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan masyarakat dalam kepengurusan STNK dan pembayaran pajak pada kantor SAMSAT UPTD Wil. I Palu ; 5). Empati berpengaruh signifikan terhadap kepuasan masyarakat dalam kepengurusan STNK dan pembayaran pajak pada kantor SAMSAT UPTD Wil. I Palu; dan 6). Bukti Fisik berpengaruh signifikan terhadap kepuasan masyarakat dalam kepengurusan STNK dan pembayaran pajak pada kantor SAMSAT UPTD Wil. I Palu
Keyword : Kualitas Layanan, Kepuasan Konsumen, SAMSAT
Tidak tersedia versi lain