Text
Analisis Pengaruh Ekuitas Merek Terhadap Keputusan Pembelian Produk Smartphone Samsung di Kecamatan Bungku Tengah Kabupaten Morowali
ABSTRAK
Wahyunizar, No. Stb C 201 12 314, dengan judul skripsi : “Analisis Pengaruh Ekuitas Merek Terhadap Keputusan Pembelian Produk Smartphone Samsung di Kecamatan Bungku Tengah Kabupaten Morowali”, Di bawah bimbingan Ibu Fatlina, SE, M.Buss dan Bapak H. Syamsul Bahri, Dg. Parani, SE.MM. Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Tadulako.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Ekuitas Merek terhadap keputusan pembelian produk Smartphone Samsung di Kecamatan Bungku Tengah Kabupaten Morowali.
Berdasarkan tujuan tersebut, maka permasalahan dalam penelitian ini adalah: Pertama, apakah ekuitas merek yang terdiri dari kesadaran merek, asosiasi merek, persepsi kualitas dan loyalitas merek berpengaruh secara serempak terhadap keputusan pembelian produk Smartphone merek Samsung di Kecamatan Bungku Tengah Kabupaten Morowali. Kedua, dari faktor tersebut manakah yang mempunyai pengaruh dominan dalam mempengaruhi keputusan konsumen membeli Smartphone Merek Samsung di Kecamatan Bungku Tengah Kabupaten Morowali.
Penelitian ini dilakukan terhadap pengguna Smartphone Merek Samsung di Kecamatan Bungku Tengah Kabupaten Morowali. Dengan jumlah sampel sebanyak 72 orang, Penarikan sampel tersebut dilakukan dengan menggunakan metode deskriptif- kolerasional yaitu penentuan sampel berdasarkan kebetulan ditemui. Untuk menganalisis permasalahan diatas, digunakan analisis Regresi Linear Berganda.
Hasil pengujian hipotesis pertama, dengan menggunakan uji F, menyimpulkan bahwa kesadaran merek, persepsi kualitas, asosiasi merek, loyalitas merek berpengaruh serempak terhadap keputusan pembelian Smartphone merek Samsung di Kecamatan Bungku Tengah Kabupaten Morowali.
Hasil pengujian hipotesis kedua, ketiga, keempat, dan kelima dengan menggunakan uji t, menyimpulkan bahwa variabel yang berpengaruh paling dominan terhadap keputusan Pembelian Smartphone Merek Samsung di Kecamatan Bungku Tengah Kabupaten Morowali adalah variabel loyalitas merek.
Kata kunci : Keputusan Pembelian , Kesadaran Merek, Persepsi Kualitas,
Asosiasi Merek, Loyalitas Merek.
Tidak tersedia versi lain