Text
PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KACANG RANGGINA PADA UD. RANGGINA KACANG DUA BERSAUDARA DI KECAMATAN BUNGKU TENGAH
PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KACANG RANGGINA PADA UD. RANGGINA KACANG DUA BERSAUDARA DI KECAMATAN BUNGKU TENGAH
Amran K Hasim, Nim. C 201 12 283 di bimbing oleh H. Chalil, SE, M.Sc, DBA dan Nirwan, SE, M.Si
ABSTRAK
Penelitian ini bertujian untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh bauran pemasaran yang terdiri dari produk, harga, distribusi dan promosi terhadap keputusan pembelian kacang ranggina pada UD. Ranggina Kacang Dua Bersaudara di Kecamatan Bungku Tengah. Permasalahan dalam peneletian ini adalah apakah bauran pemasaran yang teridiri dari produk, harga, distribusi dan promosi secara simultan dan parsal berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian kacang ranggina pada UD. Ranggina Kacang Dua bersaudara di Kecamatan Bungku Tengah. Dari permasalahan diatas, diajukan hipotesis penelitian bahwa diduga terdapat pengaruh bauran pemasaran yang terdiri atas produk, harga,distribusi dan promosi secara simultan maupun parsial secara simultan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian kacang ranggina pada UD. Ranggina Kacang Dua Bersaudara di Kecamatan Bungku Tengah. Untuk membuktikan hipotesis tersebut, peneliti menggunakan alat analisis regresi berganda. Dari hasil penelitian ini ditemukan bahwa secara simultan ternyata bauran pemasaran berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian kacang ranggina pada UD. Ranggina Kacang Dua Bersaudara di Kecamatan Bungku Tengah, dengan nilai uji F-hitung sebesar 4.280 atau sig. F = 0,000a < 0,05. Sedangkan secara parsial dari ke 5 (lima) variabel tersebut ternyata ada 3 (tiga) variabel yang tidak berpengaruh signifikan yaitu variabel produk, harga dan promosi. Sedangkan variabel yang paling dominan mempengaruhi keputusan pembelian adalah variabel distribusi (nilai t = 3.648 dan nilai koefisien regresi 0,469 atau 46,9%.
Kata Kunci : Bauran Pemasaran Dan Keputusan Pembelian
Tidak tersedia versi lain