Text
PENGARUH KUALITAS LAYANAN TERHADAP KEPUASAN KOSUMEN PADA RUMAH MAKAN RAODA DI KECAMATAN BUNGKU TENGAH
PENGARUH KUALITAS LAYANAN TERHADAP KEPUASAN
KOSUMEN PADA RUMAH MAKAN RAODA DI KECAMATAN
BUNGKU TENGAH
Ismail, Nim. C 201 12 295 di bimbing oleh H.Syamsul Bahri. DG. Parani. SE.MM dan Farid.SE.MM
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas layanan terhadap kepuasan konsumen pada rumah makan raoda di kecamatan bungku tengah. Permasalahan dalam penelitian ini apakah kualitas layanan yang terdiri dari bukti fisik, Kehandalan, Daya Tanggap, Jaminan dan Empati secara simultan dan parsial berpengaruh sigifikan terhadap kepuasan konsumen pada rumah makan raoda di kecamatan bungku tengah.
Dari permasalahan di atas, diajukan hipotesis penelitian bahwa diduga terdapat pengaruh kualitas layanan yang terdiri dari bukti fisik, Kehandalan, Daya tanggap, Jaminan, dan Empati secara simultan maupun parsial berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen pada rumah makan raoda di kecamatan bungku tengah. Untuk membuktikan hipotesis tersebut, peneliti menggunakan alat analisis regresi berganda. Dari hasil penelitian ini ditemukan bahwa secara simultan ternyata kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen padarumah makan raoda di kecamatan bungku tengah. Dengan nilai uji f-hitung sebesar 83.993 atau sig. f= 0,000a < 0,05. Sedangkan secara parsial dari ke 5 (lima) variabel tersebut ternyata ada 3 (tiga) variabel yang berpengaruh signifikan yaitu Empati, Daya Tanggap dan Jaminan sedangkan yang berpengaruh tidak signifikan yaitu bukti fisik dan Kehandalan.
Tidak tersedia versi lain