Text
Strategi Bersaing Rumah Makan Heni Putri Kaili
ABSTRAKSI
Raymondo Wengkau, C 201 12 075dengan judul skripsi “Strategi Bersaing Rumah Makan Heni Putri Kaili”. Di bimbing olehH. Chalil, SE., M.Sc., DBAselaku pembimbing I danDr. Maskuri Sutomo, SE., M.Siselaku pembimbing II.
Rumah Makan Heni Putri Kaili berlokasi di Jalan Kaombona/Kampung Nelayan No. 09 Talise, Kecamatan Palu Timur, Kota Palu.Rumah Makan Heni Putri Kaili salah satu rumah makan yang sudah berdiri cukup lama, yakni sekitar 6 tahunyang lalu tepatnya pada tanggal 20 Februari 2010. Pemilik rumah makan ini yaitu Ibu Haeni R. Kara, S.Pd. Adapun tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui kondisi persaingan Rumah Makan Heni Putri Kaili pada industri rumah makan di Kota Paludan untuk mengetahui alternatif strategi yang dapat dipakai oleh Rumah Makan Heni Putri Kaili. Teknik analisa data yang digunakan adalah analisis Porter’s Five Forces dan analisa SWOT (Strength, Weakness, Opportunities, Threats).
Berdasarkan hasil analisis Porter Five Forces,dapat disimpulkan bahwa kondisi persaingan Rumah Makan Heni Putri Kaili pada industri rumah makan di Kota Palu mengalami Persaingan yang Tinggi terdapat 3 faktor yang sangat tinggi yaitu Persaingan antar pesaing industri yang sama, Daya tawar pemasok dan Ancaman produk subtitusi. Untuk hasil matriks diagram SWOT dan tabel IE maka dapat direkomendasikan strategi bersaing RM. Heni Putri Kaili adalah berfokus kepada Strategi Diversifikasi dengan program Strategi mempertahankan serta meningkatkan pelayanan dan Strategi meningkatkan promosi produk unggulan tanpa melupakan produk – produk yang belum dikenal luas masyarakat/pasar.
Kata Kunci: Strategi Bersaing, Rumah Makan, Porter’s Five Forces & SWOT
Tidak tersedia versi lain