Text
Faktor-Faktor Yang Dipertimbangkan Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Tadulako Menggunakan Media Sosial Instagram Sebagai Sarana Jual Beli Online
FAKTOR-FAKTOR YANG DIPERTIMBANGKAN MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS TADULAKO MENGGUNAKAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM SEBAGAI SARANA JUAL BELI ONLINE
ADRINA SYULIE WENAS, C 201 12 213dibimbingoleh :
Pembimbing 1 : Ponirin, SE. M.Bus, Ph.D
Pembimbing 2 : Wiri Wirastuti, SE. M.Si
ABSTRAK
Tujuanpenelitianiniadalahuntukmengetahuifaktor-faktor yang dipertimbangkanmahasiswafakultasekonomiuniversitastadulakomenggunakan media sosial Instagram sebagaisaranajualbeli online. Teknik yang digunakanuntukmenentukansampeladalahmetodeAccidental Sampling digunakanuntukmenentukanresponden yang dijadikansampel. Jumlahsampel yang diambiladalahsebanyak 105 orang. Alatanalisis yang digunakandalampenelitianiniadalahAnalisisFaktor. Berdasarkanhasilanalisisfaktor yang telahdilakukandenganmelaluitahapan-tahapanpengujiandenganmenggunakan 21 indikatorditemukanbahwahanya 3(tiga) faktor yang dipertimbangkanmahasiswaFakultasEkonomiUniversitasTadulakomenggunakan media sosial Instagram sebagaisaranajualbelionlineyaitufaktorJejaringSosial: F3 (Memudahkandalamberbisnis), F12 (Memudahkandalammencariproduk), F14 (Terdapatbanyakbarang import maupunlokal), F15 (Dapatberburubanyakhadiah), F17 (dapatmengembangkanusaha), kemudianfaktorkeduafaktor Gaya Hidup: F2 (mengikuti trend gayahidup), F6 (Instagram sudahbanyakpenggunanya), F10 (ajanguntukmencaripertemanan), F11 (sebagai media hiburan), F21 (saran dariteman-teman).SelanjutnyafaktorketigafaktorPromosiyaitu: F1 (Promosi yang meyakinkan), F16 (Sebagai media iklanmenawarkanprodukataujasa), F19 (Harga yang ditawarkanberbagaimacam), F20 (Sebagai media informasi).
Kata Kunci :Faktor-Faktor yang dipertimbangkanmahasiswaFakultasEkonomiUniversitasTadulakomenggunakan media sosial Instagram.
Tidak tersedia versi lain