Text
Analisis Kinerja Logistik Jasa Layanan Perusahaan PT. Amaly Mitra Abadi
ABSTRAK
SEPTYANA KUSUMA DEWI C 201 11 080, Analisis Kinerja Logistik Jasa Layanan Perusahaan PT. Amaly Mitra Abadi, yang dibimbing oleh Drs. Husaen H.M Saleh, SE., M.Si sebagai pembimbing I dan Suryadi Hadi, SE., M.Logst sebagai pembimbing II.
Skripsi Fakultas Ekonomi, 2016.
Logistik merupakan ilmu yang harus diperhatikan dalam perkembangan dunia bisnis saat ini yang semakin pesat, mengingat pertumbuhan ekonomi yang semakin kompleks seperti produktivitas barang-barang yang dihasilkan perusahaan, bagaimana penyaluran dan penyimpanannya serta pengelolaan hasil produk secara menyeluruh memerlukan penanganan khusus dan serius. Bowersox (2002: 13-14) menjelaskan bahwa logistik bertujuan untuk menyampaikan barang jadi dan bermacam-macam material dalam jumlah yang tepat pada waktu dibutuhkan, dalam keadaan yang dapat dipakai, ke lokasi yang membutuhkan, dan dengan total biaya yang terendah.Penelitian ini mengkaji bagaimana persepsi terhadap kinerja perusahaan jasa layanan logistik di Kota Palu yaitu PT Amaly Mitra Abadi. Sampel penelitian ini adalah semua distributor mobil yang beroperasi di Kota Palu yaitu PT. Balindo Manunggal Bersama, PT Bosowa Berlian Motor, PT. Hadji Kalla, dan PT. Patrako Motor Abadi. Sedangkan respondennya adalah para Manajer, kepala logistik, kepala pergudangan, staf pembelian dan marketing dari masing-masing perusahaan tersebut. Menggunakan analisis Important Performance Analysis dan Diagram Kartesius ditermukan bahwa keempat perusahaan distributor mobil di Kota Palu memiliki pendapat yang berbeda-beda terhadap kinerja (performance) PT. Amaly Mitra Abadi. Mengingat masing-masing perusahaan memiliki kepentingan (importance) yang berbeda atas masing-masing indikator penelitian. PT. Balindo Manunggal Bersama memprioritaskan pelayanan tentang kecepatan proses pemesanan, pelayanan fasilitas kredit, dan biaya pengiriman yang murah. Berbeda dengan PT. Bosowa Berlian Motor yang menjadi prioritas yaitu bongkar muat, ketersediaan transportasi yang memadai, dan biaya pemesanan yang rendah. Sedangkan PT. Hadji Kalla, pelayanan yang menjadi prioritas utama yaitu kecepatan proses pemesanan, pelayanan fasilitas kredit, penentuan jumlah mobil yang disimpan, kualitas mobil di gudang, dan ketersediaan transportasi yang memadai. Begitu juga dengan PT. Patrako Motor Abadi yaitu ketepatan proses pemesanan, konsistensi pengiriman, ketersediaan transportasi yang memadai, ketersediaan mobil tepat waktu, dan efisiensi biaya.
Keyword: Logistik, Manajemen Logistik, Important Performance Analysis, Diagram Kartesius.Kinerja Layanan Logistik.
Tidak tersedia versi lain