Text
Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap Pada Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten Banggai Kepulauan.
ABSTRAK
Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap Pada Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten Banggai Kepulauan.
MAGVIRA ALIA (C 201 12 115) di bimbing oleh Bapak Dr.Suardi, SE., M.Si sebagai pembimbing I dan Bapak Nirwan, SE., M.Si sebagai pembimbing II
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas layanan (X) yang terdiri dari bukti fisik (X1), keandalan (X2), daya tanggap (X3), jaminan (X4), dan empati (X5) secara simultan maupun parsial terhadap kepuasan pasien (Y) di Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten Banggai Kepulauan. Lokasi dalam penelitian ini pada Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten Banggai Kepulauan. Jenis data dalam penelitian ini adalah data kuantitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah data primer yang diambil melalui kuesioner dan data sekunder yang diperoleh dari pihak Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten Banggai Kepualuan. Sampel dalam penelitian ini adalah 72 responden. Tehnik penarikan sampel yang digunakan adalah purposif sampling.
Berdasarkan hasil penelitian regresi linear berganda, didapatkan bahwa variabel kualitas layanan (X) yang terdiri dari bukti fisik (X1), keandalan (X2), daya tanggap (X3), jaminan (X4), dan empati (X5) secara simultan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pasien (Y) dengan pengaruh sebesar 69,60 % sedangkan sisanya 30,40 % dapat dijelaskan oleh sebab-sebab lain. Uji secara parsial menunjukkan bahwa terdapat tiga variabel independen yang berpengaruh tidak signifikan yaitu variabel bukti fisik (X1), keandalan (X2) dan Jaminan (X4) terhadap kepuasan pasien rawat inap pada Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten Banggai Kepulauan.
Kata Kunci : Kualitas Layanan, Kepuasan Pasien.
Tidak tersedia versi lain