Text
Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Berwirausaha (Studi Kasus Mahasiswa Non Reguler Fakultas Ekonomi Universitas Tadulako)
ABSTRAKSI
FADLIANSYA INDRAWAN, STAMBUK : C 201 10145, Judul Penelitian : “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Berwirausaha (Studi Kasus Mahasiswa Non Reguler Fakultas Ekonomi Universitas Tadulako)”
Pembimbing I : Johnny Tanamal, SE., M.Si
Pembimbing II : Muzakir Tombolotutu, SE., M.Si
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi minat berwirausaha (Studi Kasus Mahasiswa Non Reguler Fakultas Ekonomi Universitas Tadulako) secara serempak dan parsial. Faktor-faktor yang mempengaruhi minat berwirausaha terdiri dari Ekspektasi Pendapatan (X1) Lingkungan Keluarga (X2), Pendidikan Kewirausahaan (X3), Tantangan Berwirausaha (X4), dan Minat Menjadi Bos (X5). Sedangkan variabel dependen yaitu Minat Berwirausaha (Y). Jumlah populasi pada penelitian ini adalah 88 orang dengan metode Random Sampling dan Metode Analisis Regresi Linear Berganda dengan bantuan program komputer SPSS For Windows Release 16.0.
Untuk menganalisis pengaruh variable independen secara serempak terhadap dependen digunakan uji-F dan menganalisis pengaruh variable independen secara parsial terhadap variabel dependen digunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1). Terdapat pengaruh positif dan signifikan ekspektasi pendapatan, lingkungan keluarga, pendidikan kewirausahaan, tantangan berwirausaha, dan minat menjadi bos, secara serempak terhadap minat berwirausaha; 2). Terdapat pengaruh positif dan signifikan ekspektasi pendapatan, secara parsial terhadap minat berwirausaha; 3). Terdapat pengaruh positif dan signifikan lingkungan keluarga, secara parsial terhadap minat berwirausaha; 4). Terdapat pengaruh positif dan signifikan pendidikan kewirausahaan, secara parsial terhadap minat berwirausaha; 5). Terdapat pengaruh positif dan signifikan tantangan berwirausaha, secara parsial terhadap minat berwirausaha; dan 6). Terdapat pengaruh positif dan signifikan minat menjadi bos, secara parsial terhadap minat berwirausaha.
Kata Kunci : Wirausaha
Tidak tersedia versi lain