Text
PENGARUH KEPERCAYAAN DAN KOMITMEN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN MEMBELI PADA TOKO ONLINE
PENGARUH KEPERCAYAAN DAN KOMITMEN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN MEMBELI PADA TOKO ONLINE
MARYAM, C 201 14 291, dibimbing oleh H. Syamsul Bahri Dg Parani,
SE.,MM (Pembimbing I) dan Farid, SE.,MM. (Pembimbing II).
ABSTRAKSI
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kepercayaan dan
komitmen terhadap kepuasan konsumen membeli pada toko online. Pengumpulan
data dilakukan dengan menggunakan kuesioner online. Pengujian instrumen
penelitian menunjukkan hasil valid dan reliabel. Jumlah sampel yang digunakan
adalah sebanyak 110 sampel. Penarikan sampel dilakukan dengan metode
accidental sampling. Uji asumsi klasik menggunakan uji normalitas, uji
multikolinearitas, dan uji heteroskedastisitas. Adapun metode analisis yang
digunakan untuk menjawab permasalahan penelitian adalah metode analisis jalur
(path analysis) yang dilakukan dengan bantuan perangkat lunak komputer
program IBM SPSS Statistics Version 16.0.
Hasil analisis jalur menunjukkan bahwa 1) kepercayaan berpengaruh
langsung terhadap kepuasan konsumen sebesar 0,331 dengan nilai sig. 0,000 lebih
kecil dari 0,05. 2) komitmen berpengaruh langsung terhadap kepuasan konsumen
sebesar 0,387 dengan nilai sig. 0,000 lebih kecil dari 0,05. 3) kepercayaan
berpengaruh tidak langsung terhadap kepuasan konsumen melalui komitmen
sebesar 0.587.
Kata Kunci: Kepercayaan, Komitmen dan Kepuasan Konsumen
Tidak tersedia versi lain