Text
Pengaruh Rasio Leverage dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan Industri Makanan dan Minuman yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI)
ABSTRAK
Alfret Kristanto Dewanto: C 201 12 079, Judul Penelitian: “Pengaruh Rasio Leverage dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan Industri Makanan dan Minuman yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia”. Pembimbing I: Muslimin, Pembimbing II: Yunus Kasim.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh rasio leverage dan profitabilitas terhadap nilai perusahaan industri makanan dan minuman yang terdaftar di bursa efek indonesia.Sampel dalam penelitian ini sebanyak 11 perusahaan diambil berdasarkan metode purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan metode dokumentasi dalam penelitian ini menggunakan data yang tersedia dalam laporan tahunan perusahaan makanan dan minuman tahun 2010 – 2014 melalui situs yang dimiliki oleh Bursa Efek Indonesia, yakni www.idx.co.id. Metode analisis data dilakukan dengan metode regresi data panel menggunakan bantuan software EVIEWS versi 6.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa keenam variable independen yang diteliti terbukti secara serempak berpengaruh terhadap variabel dependen Nilai Perusahaan dengan nilai sig probabilitas F hitung 0,000011 < 0,05. Kemudian melalui uji t dapat diketahui bahwa Times Interest Earned Ratio, Long ter-debt to Equity Ratio, ROA, NPM dan ROE tidak berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan, dengan nilai masing – masing X2 = 0,2845, X3 = 0,1626, X4 = 0,0576, X5 = 0,2678, X6 = 0,6344, ≥ α 0,05. Sedangkan Debt Ratio berpengaruh signifikan terhadap Nilai Perusahaan , dengan nilai X1 = 0,0192 ≤ 0,05. Nilai R2 sebesar 0,483863 dengan demikian keenam variabel bebas yang diteliti secara serempak memberikan pengaruh terhadap variabel terikat (Nilai Perusahaan) sebesar 48,38% sementara sisanya 51,62% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti.
Kata Kunci: Leverage, Profitabilitas dan Nilai Perusahaan
Tidak tersedia versi lain