Text
Nilai Pelanggan Terhadap Kepuasan Pembelian Mobil Toyota Avanza Pada PT. Hadji Kalla Di Kota Palu
ABSTRAK
Yuliana Sahlan, C 201 13 227, “Nilai Pelanggan Terhadap Kepuasan Pembelian Mobil Toyota Avanza Pada PT. Hadji Kalla Di Kota Palu”, dibimbing oleh Elimawaty Rombe selaku Pembimbing I dan Muzakir Tombolotutu selaku Pembimbing II.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh serempak dan parsial variabel nilai pelanggan, yang terdiri dari nilai emosional, nilai sosial, nilai kualitas, dan nilai harga terhadap kepuasan pembelian mobil Toyota Avanza pada PT. Hadji Kalla di Kota Palu.
Jenis penelitian ini, adalah penelitian korelasional. Populasi dalam penelitian ini, yaitu seluruh pemilik mobil Toyota Avanza yang melakukan pembelian pada PT. Hadji Kalla Palu, yang berjumlah 496 orang. Pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner, dokumentasi, wawancara, dan melalui hasil observasi. Selanjutnya, penelitian ini menggunakan teknik penarikan sampel dengan purposive sampling. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu data kualitatif dan kuantitatif, sedangkan sumber data penelitian diperoleh dari data primer dan sekunder. Adapun metode analisis data yang digunakan, adalah analisis regresi linier berganda (multiple regression analysis).
Hasil pengujian secara serempak menunjukkan bahwa variabel nilai pelanggan, yang terdiri dari nilai emosional, nilai sosial, nilai kualitas, dan nilai harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pembelian mobil Toyota Avanza pada PT. Hadji Kalla di Kota Palu. Hasil pengujian secara parsial menunjukkan bahwa variabel nilai pelanggan, yang terdiri dari nilai emosional, nilai sosial, nilai kualitas, dan nilai harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pembelian mobil Toyota Avanza pada PT. Hadji Kalla di Kota Palu.
Kata Kunci: Nilai Pelanggan, Nilai Emosional, Nilai Sosial, Nilai Kualitas, Nilai Harga, dan Kepuasan Pembelian Mobil
Tidak tersedia versi lain