Text
PENGARUH FAKTOR-FAKTOR PSIKOLOGIS TERHADAP KEPUTUSAN KONSUMEN MEMBELI PRODUK BATU AKIK DI KOTA PALU
ABSTRAKSI
PENGARUH FAKTOR-FAKTOR PSIKOLOGIS TERHADAP KEPUTUSAN KONSUMEN MEMBELI PRODUK
BATU AKIK DI KOTA PALU
Fahril Irawan, C 201 11 146. Dibimbing Oleh:
Pembimbing I : Dr. Elimawati Rombe, SE., M.Si
Pembimbing II : Benyamin Parubak, SE., MM
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh faktor-faktor psikologis terhadap keputusan konsumen membeli produk batu akik di Kota Palu. Subjek dalam penelitian ini adalah masyarakat Kota Palu yang membeli batu akik, dengan sampel 100 responden dengan tehnik penarikan sampel menggunakan purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner dan melalui pengamatan (observasi) serta wawancara. Model analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah model analisis regresi linear berganda (multiple regression analysis). Hasil pengujian membuktikan bahwa 1) Faktor psikologis yang terdiri dari motivasi, persepsi, pengetahuan atau pembelajaran, keyakinan dan siap serempak berpengaruh signifikan terhadap keputusan konsumen membeli pada produk Batu Akik di Kota Palu, 2) Motivasi berpengaruh signifikan terhadap keputusan konsumen membeli produk Batu Akik di Kota Palu, 3) Persepsi berpengaruh signifikan terhadap keputusan konsumen membeli produk Batu Akik di Kota Palu, 4) Pembelajaran berpengaruh signifikan terhadap keputusan konsemen membeli produk Batu Akik di Kota Palu, 5) Keyakinan dan Sikap berpengaruh signifikan terhadap keputusan konsumen membeli produk Batu Akik di Kota Palu.
Kata Kunci: Faktor Psikologis, Motivasi, Persepsi, Pembelajaran, Keyakinan dan Sikap, Keputusan Konsumen
Tidak tersedia versi lain