Text
PENGARUH KUALITAS LAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN MEMBELI TIKET PADA AGEN JASA MASKAPAI PENERBANGAN PT. GARUDA AIRLINES DI KOTA PALU
ABSTRAK
HennyPuspitasari, C 201 11 107, PengaruhKualitasLayananTerhadapKepuasanKonsumenMembeliTiketPadaAgenJasaMaskapaiPenerbanganPT.Garuda Airlines Di Kota Palu, penulisanskripsiinidibawahbimbingan Dr. Rosida P. Adam.SE. MP., selakuDosenPembimbing I, H. SyamsulBahri DP, SE., MM., selakuDosenPembimbing II, JurusanManajemen, FakultasEkonomi, UniversitasTadulako.
Penelitianinibertujuanuntukmengetahuipengaruhsecaraserempakdanparsialdaritangibles (X1), reliability (X2), responsiveness (X3), assurance (X4), empathy (X5) terhadapkepuasankonsumen (Y) yang melakukanpembeliantiketpadaagenjasamaskapaiPT.Garuda Airlines di Kota Palu.
Jenispenelitianiniyaitujenispenelitiandeskriptifkausal.Teknikpenarikansampelmenggunakanmetodepurposive sampling, denganjumlahsampelsebanyak60 responden yang merupakanpelanggan yang melakukanpembeliantiket di PT.Garuda Airlines di Kota Palu, pengambilan data menggunakanmetode, observasi, wawancaradankuesionerdankemudiandiolahmenggunakanalatanalisisregresi linear berganda.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dimensi kualitas layanan yang terdiri dari Bukti Fisik, Empati, Kehandalan, Daya Tanggap, dan Jaminan secara serempak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen membeli tiket pada agen jasa maskapai penerbangan PT. Garuda Airlines.Dimensi Bukti Fisik berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen membeli tiket pada agen jasa maskapai penerbangan PT. Garuda Airlines.Dimensi Empati berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen membeli tiket pada agen jasa maskapai penerbangan PT. Garuda Airlines.Dimensi Kehandalan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen membeli tiket pada agen jasa maskapai penerbangan PT. Garuda Airlines.Dimensi Daya Tanggap berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen membeli tiket pada agen jasa maskapai penerbangan PT. Garuda Airlines.Dimensi Jaminan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen membeli tiket pada agen jasa maskapai penerbangan PT. Garuda Airlines.
Kata Kunci:Tangibles, Reliability, Responsiveness, assurance, empathydanKepuasanKonsumen
Tidak tersedia versi lain