Text
EFEKTIVITAS ANTRIAN PELAYANAN PEMBELIAN BBM PADA SPBU DESA EMEA KECAMATAN WITAPONDA
ABSTRAK
INTAN KASMIRAN, EFEKTIVITAS ANTRIAN PELAYANAN PEMBELIAN BBM PADA SPBU DESA EMEA KECAMATAN WITAPONDA. Dibimbing oleh Husein Hi.Moh. Saleh selaku pembimbing I dan Suryadi Hadi selaku pembimbing II
Antrian merupakan sebuah bagian penting dalam manajemen operasi.Antrian terdapat pada sektor manufaktur maupun pada sektor jasa.Antrian adalah orang-orang atau barang dalam barisan yang sedang menunggu untuk dilayani dan kemudian meninggalkan barisan setelah dilayani. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisa sistem antrian yang diterapkan dalam memberikan pelayanan yang lebih baik kepada pelanggan kendaraan roda dua, dengan menghitung jumlah total rata-rata kedatangan pelanggan, jenis sistem antrian di SPBU Desa Emea Kecamatan Witaponda adalah jenis sistem antrian model Multi Channel - Singel Phaseterjadi dimana ada dua atau lebih fasilitas pelayanan dialiri oleh antrian tunggal, dengan menerapkan displin antrian yaitu First Come – First Serve (FCFS), yaitu pelanggan yang pertama datang, pertama dilayani.
Hasil penelitian menunjukan bahwa model antrian untuk menganalisis sistem antrian yang terjadi di SPBU Desa Emea KecamatanWitaponda ada dua yaitu model antrian M/M/S dan M/M/1. Model M/M/S digunakan karena di SPBU tersebut terdapat tiga fasilitas pelayanan (server), sedangkan model M/M/1 digunakan untuk membandingkan efektif dengan tidaknya sitem antrian yang terjadi di SPBU Desa Emea Kec.Witaponda, dengan menggunakan rumus M/M/S didapatkan hasil tingkat utilitas (ρ) yaitu 48,12% dan waktu terpanjang yang dibutuhkan oleh kendaraan bermotor untuk menunggu dalam antrian hanya selama 0,0057 jam atau 0,342 menit dan ini sudah efektif. Model M/M/1 didapatkan tingkat utilitas (ρ) atau kesibukan server yaitu 96,25% dan ini tidak efektif, jadi penelitian ini dapat disimpulkan dengan adanya dua fasilitas pelayanan (server), sistem antrian yang terjadi di SPBU Desa Emea Kec. Witaponda sudah efektif, untuk itu pihak managemen perusahaan harus menjaga agar pelayanannya tetap efektif sehingga konsumen merasa puas.
Kata Kunci : Antrian, Efektivitas, SPBU.
Tidak tersedia versi lain