Text
PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN ROTI GEMBIRA DI KOTA BUNGKU
PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP
KEPUTUSAN PEMBELIAN ROTI GEMBIRA
DI KOTA BUNGKU
Oleh:
Risnawati Supa
C201 13 306
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh bauran pemasaran yang meliputi produk, harga, tempat dan promosi, baik secara simultan maupun parsial terhadap keputusan pembelian Roti Gembira di Kota Bungku.
Jenis penelitian ini adalah deskriptif. Populasi penelitian ini adalah seluruh konsumen yang membeli roti Gembira di Kota Bungku minimal dua kali. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling, dan dengan teknik tersebut diperoleh 80 orang sebagai sampel. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket. Teknik analisa data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa, angka probabilitas signifikansi variabel produk (0,005) < (0,05) sehingga variabel produk memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian, angka probabilitas signifikansi variabel harga (0,068) > (0,05) sehingga variabel harga tidak mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian, angka probabilitas signifikansi variabel tempat (0,001) < (0,05) sehingga variabel tempat mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian, angka probabilitas signifikansi variabel promosi (0,035) < (0,05) sehingga variabel promosi mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian. Artinya, variabel produk, tempat dan promosi secara parsial berpengaruh signifikan terhadap variabel keputusan pembelian, namun variabel harga secara parsial berpengaruh tidak signifikan terhadap keputusan pembelian.
Kata kunci: Bauran Pemasaran dan Keputusan Membeli.
Tidak tersedia versi lain