Text
PENGARUH PROFITABILITAS, UKURAN PERUSAHAAN DAN DEWAN KOMISARIS TERHADAP PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) (Studi Pada Sektor Industri Barang Konsumsi di BEI Tahun 2013-2015)
ABSTRAK
Muhammad Sofyan, C 301 13 109, “Pengaruh Profitabilitas, Ukuran Perusahaan Dan Dewan Komisaris Terhadap Pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR) (Studi Pada Sektor Industri Barang Konsumsi Di BEI Tahun 2013-2015)” Dibimbing oleh Abdul Kahar, selaku pembimbing I dan Selmita Paranoan, selaku pembimbing II.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruhprofitabilitas, ukuran perusahaan dan dewan komisaris terhadap pengungkapan corporate social responsibility (CSR)Pada Sektor Industri Barang Konsumsi Di BEI Tahun 2013-2015.Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder berupa laporan tahunan perusahaan yang diperoleh dari situs Bursa Efek Indonesia yang dikumpulkan melalui tehnik dokumentasi berupa dokumen-dokumen dan laporan-laporan tahunan serta data lainnya berkaitan dengan penelitian ini. Sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah sebanyak 69 perusahaan.Analisis data menggunakan program SPSS versi 21 dengan analisis statistik deskriptif, analisis regresi linier berganda dan uji asumsi klasik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara persial profitabilitas dan dewan komisaris berpengaruh positif signifikan terhadap pengungkapan CSR sedangkan ukuran perusahaan tidak berpengaruh terhadap PengungkapanCSR. Hasil uji simultan (bersama-sama) profitabilias, ukuran perusahaan, dan dewan komisaris berpengaruh terhadap CSR. penelitian selanjutyadi harapkanmenambah variabel, dan ruang lingkup sektor perusahaan lebih luas agar sampel lebih beragam.
Kata kunci: Profitabilitas, Ukuran Perusahaan, Dewan Komisaris, Pengungkapan corporate social responsibility (CSR).
Tidak tersedia versi lain