Text
PENGARUH KUALITAS LAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN PELANGGAN MENGINAP DI HOTEL SANTIKA KOTA PALU
              ABSTRAK
	Abriansyah: C 201 11 089, Judul Penelitian: “Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Keputusan Pelanggan Menginap Di Hotel Santika Kota Palu”
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas layanan terhadap keputusan pelanggan menginap di Hotel Sutan Raja Kota Palu.
Jenis penelitian ini merupakan gabungan antara penelitian deskriptif dan kausal. Penelitian ini dilakukan kepada pelanggan yang menginap di Hotel Santika Kota Palu dan jumlah sampel yang ditetapkan sebanyak 60 responden, kemudian sampel tersebut diambil berdasarkan metode purposive sampling.Pengumpulan data dilakukan dengan menyebar kuesioner.Metode analisis data dilakukan dengan metode regresi linear berganda menggunakan bantuan software SPSS versi 16.
Dimana variabel Keputusan Pelanggan (Y), Bukti Langsung (X1),Kehandalan (X2), Daya Tanggap (X3), Jaminan (X4), dan Empati (X5). Pengujian hipotesis menggunakan uji F menunjukkan bahwa kelima variabel independen yang diteliti terbukti secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel dependen keputusan pembelian dengan nilai sig-F sebesar 0,000 ≤α 0,05 pada tingkat kepercayaan 95%. Kemudian melalui uji t dapat diketahui bahwa Bukti Langsung, Kehandalan, Daya Tanggap, Jaminan, dan Empati secara parsial berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen dengan nilai sig-tmasing-masing sebesar X1 = 0,006, X2 = 0,000, X3 = 0,022, X4 = 0,000, X5 = 0,017, ≤ α 0,05.NilaiR2sebesar 0,677 dengan demikian kelima variabel bebas yang diteliti secara serempak memberikan pengaruh terhadap variabel terikat (keputusan pembelian) sebesar 67,7% sementara sisanya 32,3% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti.
Kata Kunci: Keputusan Pelanggan, Kualitas Layanan, Hotel
            
Tidak tersedia versi lain