Text
ANALISIS PENDAPATAN DAN PEMASARAN USAHATANI TOMAT APEL (SolanumLycopercium L, Pryforme) DI DESA LABUAN TOPOSO KECAMATAN LABUAN KABUPATEN DONGGALA
ABSTRAK
Analisis Pendapatan dan Pemasaran Usahatani Tomat Apel (SolanumLycopercium L Pryforme)di Desa Labuan Toposo Kecamatan Labuan Kabupaten Donggala
(MURSALIM C.101 11 063)
Dibimbing Oleh:Bapak H.Armin Muis, S.E.,M.P dan Bapak Risman, SE.,M.P
Sektor pertanian merupakan salah satu unggul yang diharapkan dalam menunjang pertumbuhan ekonomi yang baik pada saat ini maupun masa akan datang. Oleh karena itu, sektor pertanian perlu di dukung dalam perkembangannya,agar sektor ini mempunyai peluang yang lebih besar dan yang sangat potensial untuk lebih dikembangkan adalah sub sektor hortikultura khususnya tanaman sayuran salah satunya tomat.
Tujuan dari penelitian ini adalah (1) mengetahui pendapatan yang diperoleh petani tomat di Desa Labuan Toposo (2) mengetahui bentuk saluran distribusi pemasaran dan margin pemasaran tomat di Desa Labuan Toposo Kecamatan Labuan Kabupaten Donggala. Responden terdiri atas petani tomat, pedagang pengumpul dan pedagang pengecer pengambilan responden petani tomat dilakukan dengan metode acak sampel sederhana (simple random sampling) dengan mengambil 30% dari total populasi sebanyak 104 maka diperoleh 31 responden petani tomat di Desa Labuan Toposo, kemudian responden pedagang dilakukan dengan metode penjajakan (tracing sampling) yaitu sebanyak 2 orang pedagang pengumpul dan 2 orang pedagang pengecer, data yang digunakan yaitu data primer dan data sekunder.
Hasil analisis penelitian menunjukan bahwa pendapatan rata – rata petani tomat di Desa Labuan Toposo Kecamatan Labuan Kabupaten Donggala yaitu sebesar Rp.6.643.500 / 0,43 ha / MT.
Hasil analisis pemasaran menunjukan bahwa saluran distribusi pemasaran tomat di Desa Labuan Toposo melalui 2 saluran :
1. Saluran distribusi pemasaran pertama
- Petani pedagang pengumpul pedagang pengecer konsumen
2. Saluran distribusi pemasaran kedua
- Petani pedagang pengecer konsumen.
Hasil analisis margin pemasaran pada saluran pertama pedagang pengumpul memperoleh Rp.1.000 dan pedagang pengecer memperoleh Rp.500 jadi total margin pada saluran pertama sebesar Rp.1.500 dan margin pemasaran pada saluran kedua memperoleh total margin Rp.1.500 karena pada saluran pemasaran kedua hanya melibatkan satu lembaga pemasaran.
Kata Kunci : Analisis Pendapatan Dan Analisis Pemasaran.
Tidak tersedia versi lain