Text
PENGARUH FAKTOR KEPRIBADIAN TERHADAP PEMBELIAN PRODUK ROKOK CLAS MILD DI KOTA PALU
PENGARUH FAKTOR KEPRIBADIAN TERHADAP PEMBELIAN PRODUK ROKOK CLAS MILD DI KOTA PALU
Muh. Afandi, C 201 13 161, di bimbing oleh Dr. Suardi, SE.,M.Si (pembimping I) dan Muzakir Tombolotutu, SE.,M.Si (pembimbing II)
ABSTRAKSI
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh faktor kepribadian terhadap keputusan pembelian produk rokok Clas Mild di Kota Palu. Permasalahan yang dikemukakan dalam penelitian ini adalah apakah faktor kepribadian, yang terdiri dari dimensi usia dan tahap siklus hidup, pekerjaan dan keadaan ekonomi, kepribadian dan konsep diri serta gaya hidup dan nilai secara simultan dan parsial berpengaruh signifikan terhadap pembelian rokok Clas Mild di Kota Palu. Dari permasalahan di atas, diajukan hipotesis faktor kepribadian, yang terdiri dari dimensi usia dan tahap siklus hidup, pekerjaan dan keadaan ekonomi, kepribadian dan konsep diri serta gaya hidup dan nilai secara simultan dan parsial berpengaruh signifikan terhadap pembelian rokok Clas Mild di Kota Palu. Sampel penelitian sebanyak 97 responden dan teknik penentuan sampel menggunakan metode purposive sampling. Untuk membuktikan hipotesis tersebut, peneliti menggunakan Analisis Regresi Linear Berganda. Dari hasil penelitian ditemukan bahwa secara simultan faktor kepribadian, yang terdiri dari dimensi usia dan tahap siklus hidup, pekerjaan dan keadaan ekonomi, kepribadian dan konsep diri serta gaya hidup dan nilai berpengaruh signifikan terhadap pembelian rokok Clas Mild di Kota Palu dengan nilia sig. F sebesar 0.0000 < 0.05. Secara parsial usia dan tahap siklus hidup, pekerjaan dan keadaan ekonomi, kepribadian dan konsep diri serta gaya hidup dan nilai berpengaruh signifikan terhadap pembelian rokok Clas Mild di Kota Palu dengan nilai usia dan tahap siklus hidup (X1) sebesar 0.004 < 0.05, pekerjaan dan keadaan ekonomi (X2) sebesar 0.009 < 0.05, kepribadian dan konsep diri (X3) sebsar 0.027 < 0.0, seta gaya hidup dan nilai (X4) sebesar 0.02 < 0.05. Kata Kunci: Faktor kepribadian, usia dan tahap siklus hidup, pekerjaan dan keadaan ekonomi, kepribadian dan konsep diri serta gaya hidup dan nilai.
Tidak tersedia versi lain