Text
PENGARUH KUALITAS LAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN P.O HIDAYAT EXPRESS DI KECAMATAN BUNGKU TENGAH KABUPATEN MOROWALI.
PENGARUH KUALITAS LAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN P.O HIDAYAT EXPRESS DI KECAMATAN BUNGKU TENGAH KABUPATEN MOROWALI
Andry Gunawan Nim. C 201 12 319 Dibimbing Oleh M.Johnny Tanamal dan Ponirin.
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahuan pengaruh kualitas layanan terhadap kepuasan konsumen P.O Hidayat Express di Kecamatan Bungku Tengah Kabupaten Morowali. Setiap bulan jumlah penumpang mengalami fluktuasi. Fluktuasi jumlah penumpang selain disebabkan oleh faktor dari penumpang itu sendiri dalam hal ini berkaitan dengan keperluan mereka untuk keluar daerah, faktor lainnya adalah kualitas layanan yang diberikan oleh P.O Hidayat selaku penyedia jasa untuk mempertahankan kepuasan pelanggannya atau penumpangnya untuk tetap memilih P.O Hidayat sebagai alat transportasi dengan trayek Bungku – Palu. Dari uraian diatas, diajukan hipotesis penelitian bahwa diduga terdapat pengaruh kualitas layanan terhadap kepuasan konsumen P.O Hidayat Express di Kecamatan Bungku Tengah Kabupaten Morowali. Untuk membuktikan hipotesis tersebut, peneliti menggunakan alat analisis regresi linear berganda. Dari hasil penelitian ditemukan bahwa hasil uji simultan dari tabel di atas ditunjukkan bahwa F hitung sebesar 43.276. Hal ini berarti Fhitung > Ftabel (43,276 > 2,31). Dan pada uji F di atas didapatkan taraf signifikasi 0,00 Karena nilai signifikansi (sig) jauh lebih kecil dari 0,05 maka model regresi dapat digunakan untuk memprediksi kepuasan konsumen atau dapat dikatakan bahwa faktor kehandalan, jaminan, daya tanggap, bukti fisik dan empati secara bersama-sama memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan. Hal ini berarti mendukung hipotesis pertama (H1) yang diajukan.
Kata Kunci : Kualitas Layanan, Kepuasan Konsumen.
Tidak tersedia versi lain