Text
ANALISISPENDAPATAN USAHATANI DAN SALURAN PEMASARAN NILAM (POGOSTEMON CABLIN) DI DESA KASIMBAR BARAT KECAMATAN KASIMBAR KABUPATEN PARIGI MOUTONG
ABSTRAK: Penelitian ini bertujuan untuk (1) menganalisis pendapatan usahatani nilam di Desa Kasimbar Barat, (2) menganalisis bentuk saluran pemasaran nilam yang ada di Desa Kasimbar Barat, (3) menganalisis margin pemasaran. Tipe penelitian yang digunakan dalam penelitian ini metode deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan teknik observasi, wawancara dan kuisioner. Teknik penarikan sampel adalah simple random samplinguntuk petani dan untuk pedagang digunakan teknik snowball sampling. Analisis yang digunakan meliputi analisis pendapatan usahatani, saluran pemasaran usahatani, dan margin pemasaran usahatani. Hasil penelitian menunjukan bahwa pendapatan petani nilam di Desa Kasimbar Barat Kecamatan Kasimbar Kabupaten Parigi Moutong sebesar Rp. 3.354.678/Ha/MT. Terdapat dua saluran pemasaran yang terjadi di Desa Kasimbar Barat yaitu saluran pemasaran I: petani menjual hasil komoditi nilamnya kepada pedagang pengumpul kemudian pedagang pengumpul menjual kepada penyuling minyak nilam, dan saluran pemasaran II: petani menjual hasil komoditi nilamnya langsung kepada penyuling miyak nilam. Total margin untuk lembaga pemasaran yaitu untuk saluran pemasaran I total margin pemasaran sebesar Rp.500. Hasil penelitian menunjukan bahwa saluran pemasaran I merupakan saluran yang lebih efisien dibandingkan dengan saluran pemasaran II. Hal ini karena saluran pemasaran I dapat menekan biaya pemasaran dan pengangkutan sehingga memperoleh keuntungan lebih besar dibandingkan dengan saluran pemasaran II yang mengeluarkan biaya pemasaran dan biaya pengakutan
Kata Kunci : Analisis Pendapatan, Saluran Pemasaran, dan Margin Pemasaran Nilam.
Abstrak: This study aims to (1) analyze the income of patchouli farm in BaratKasimbar Village, (2) to analyze the existing patchouli marketing channel in BaratKasimbar Village, (3) to analyze the marketing margin. The type of research used in this research is descriptive method. Data collection techniques used observation techniques, interviews and questionnaires. Sampling technique is simple random sampling for farmers and for traders used snowball sampling technique. The analysis used include farm income analysis, farm marketing channel, and marketing margin of farming. The results showed that the income of patchouli farmers in the village of BaratKasimbarKasimbar District ParigiMoutongRp. 3.354.678 / Ha / MT. There are two marketing channels that occur in BaratKasimbar Village that is marketing channel I: the farmer sells his patchouli commodity to the collecting merchant then the collecting merchant sells to the patchouli oil refiner, and the marketing channel II: the farmer sells the patchouli product directly to the patchouli oil refiner. Total margin for marketing institution that is for marketing channel I total marketing margin equal to Rp.500. The results show that marketing channel I is a more efficient channel compared with marketing channel II. This is because marketing channel I can reduce marketing and transportation cost so that it gets bigger profit compared to marketing channel II which expense marketing and cost of fear
Keywords: Revenue Analysis, Marketing Channel, and Patchouli Marketing Margin
Tidak tersedia versi lain