Text
Analisis Pemasaran Udang Windu (Paneus Monodon) Di Desa Singgani Kecamatan Lariang Kabupaten Pasangkayu.
ABSTRAK
M. ISHAR AZHARI C 101 13 031, Analisis Pemasaran Udang Windu (Paneus Monodon) Di Desa Singgani Kecamatan Lariang Kabupaten Pasangkayu yang dibimbing oleh Pembimbing Utama Bapak H. Armin Muis dan Pembimbing Pendamping Bapak Mukhtar Tallesang.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) saluran pemasaran udang windu di Desa Singgani (2) margin antara lembaga pemasaran (3) farmer’s share petambak udang windu. Metode dalam penelitian ini yaitu metode deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan teknik observasi, wawancara dan kuesioner dan studi pustaka. Teknik penarikan sampel adalah metode sampling jenuh atau sensus. Analisis yang digunakan meliputi saluran pemasaran, margin pemasaran dan farmer’s share. Hasil penelitian menunjukan bahwa saluran pemasaran yang ada di Desa Singgani yaitu pola pemasaran I: petambak menjual hasil udang windunya kepada pedagang pengecer kemudian menjual ke pasar lokal. Pola pemaran II: petambak menjual hasil udang windunya langsung kepada pedagang besar kemudian dijual lagi ke perusahaan. Total margin untuk setiap lembaga pemasaran yaitu untuk saluran pemasaran I total margin pemasaran sebesar Rp.5.000 dan saluran pemasaran II total margin pemasaran sebesar Rp.5.000. Nilai farmer’s share pada pola saluran I yaitu 93,7% dan pola saluran II yaitu 94,1%.
Kata Kunci : Saluran Pemasaran, Margin Pemasaran, Farmer’s Share dan Udang Windu.
Tidak tersedia versi lain