Text
BAURAN PEMASARAN JASA TERHADAP KEPUASAN PASIEN RAWAT JALAN REHABILITASI MEDIK RUMAH SAKIT UNDATA PALU.
BAURAN PEMASARAN JASA TERHADAP KEPUASAN PASIEN RAWAT JALAN REHABILITASI MEDIK RUMAH SAKIT UNDATA PALU
Michael Peoni, C 201 14 059, dibimbing oleh Elimawaty Rombe dan Benyamin Parubak
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh bauran pemasaran jasa terhadap kepuasan pasien rawat jalan Rehabilitasi medik fisioterapi rumah sakit Undata Palu. Variabel independen yang digunakan dalam penelitian ini adalah produk (X1), harga (X2), tempat (X3), promosi (X4), orang (X5), bukti fisisk (X6) dan proses (X7). Sedangkan variabel dependen adalah kepuasan pasien (Y). Jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Metode penelitian ini adalah deskriptif kausal. Sampel yang digunakan pada penelitian ini yaitu sebanyak 98 responden dengan bentuk pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara serempak bauran pemasaran jasa yang terdiri dari produk, harga, tempat, promosi, orang, bukti fisisk dan proses berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pasien rawat jalan rehabilitasi medik rumah sakit Undata Palu. Dan secara parsial tidak ada hubungan antara variabel produk, harga, promosi, orang dan bukti fisik dengan kepuasan pasien, sedangkan ada hubungan variabel tempat dan proses dengan kepuasan pasien.
Kata kunci: bauran pemasran jasa dan Kepuasan pasien.
Tidak tersedia versi lain