Text
Pengaruh Insentif dan Budaya Kerja Terhadap Kualitas Pelayanan Pada Puskesmas Tompe Kecamatan Sirenja
ABSTRAK
ERNAWATI, C30114314. Pengaruh Insentif dan Budaya Kerja Terhadap Kualitas Pelayanan Pada Puskesmas Tompe Kecamatan Sirenja. Dibimbing oleh Muh. Jafar Bekka dan Yuldi Mile.
Penelitian ini merupakan penelitian survey. dengan sampel sebanyak 65 responden, lokasi penelitian adalah Puskesmas Tompe. tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh insentif dan budaya kerja secara simultan terhadap kualitas pelayanan pada puskesmas Tompe secara simultan dan parsial. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis regresi linear berganda serta mengunakan uji F dan uji t untuk menguji pengaruh simultan dan parsial dengan memakai software SPSS (Statistical Packages for Social Science) versi 24.0. Hasil pengujian hipotesis membuktikan bahwa Insentif, dan Budaya Kerja secara simultan berpengaruh signifikan terhadap Kualitas Pelayanan, Budaya Kerja (X2) berpengaruh paling dominan terhadap kualitas pelayanan. Oleh karena itu, budaya kerja yang telah baik sebaiknya dipertahankan dan bila perlu lebih ditingkatkan sehingga lebih baik dalam memberikan pelayanan, selain itu insentif merupakan variabel yang paling rendah pengaruhnya terhadap kualitas pelayanan, maka pihak Puskesmas Tompe, perlu memperhatikan hal ini dengan serius karena insentif dapat memberikan pengaruh untuk petugas medis maupun para medis dalam menjalankan tugasnya bila insentif (jasa pelayanan) yang diberikan belum sesuai dengan beban kerja mereka dan akhirnya berdampak pada minimnya pelayanan yang diberikan.
Kata Kunci : Insentif, Budaya Kerja ,Kualitas Pelayanan dan Puskesmas.
Tidak tersedia versi lain