CD-ROM
PENGARUH SERVICESCAPE TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN STUDI PADA CAFÉ & RESTO NEXT DOOR DI KOTA PALU
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh servicescape terhadap kepuasan konsumen pada studi Café & Resto Next Door di Kota Palu. Permasalahan yang dikemukakan dalam penelitian ini adalah apakah servicescape, yang terdiri dari dimensi kondisi lingkungan sekitar (ambient condition), tata ruang dan fungsinya (spatial layout and fucctionality) dan petunjuk, simbol dan benda artifak (sign, symbol and artifact) secara simultan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan café Next Door di Kota Palu. Dari permasalahan di atas, diajukan hipotesis faktor servicescape yang terdiri dari dimensi kondisi lingkungan sekitar (ambient condition), tata ruang dan fungsinya (spatial layout and fucctionality) dan petunjuk, simbol dan benda artifak (sign, symbol and artifact) secara simultan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan café Next Door di Kota Palu. Sampel penelitian sebanyak 80 responden dan teknik penentuan sampel menggunakan metode purposive sampling.
Untuk membuktikan hipotesis tersebut, peneliti menggunakan Analisis Regresi Linear Berganda. Dari hasil penelitian ditemukan bahwa secara simultan faktor servicescape yang terdiri dari dimensi kondisi lingkungan sekitar (ambient condition), tata ruang dan fungsinya (spatial layout and fucctionality) dan petunjuk, simbol dan benda artifak (sign, symbol and artifact) secara simultan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan café Next Door di Kota Palu dengan nilia sig. F sebesar 0.0000 < 0.05. Secara parsial kondisi lingkungan sekitar (ambient condition), tata ruang dan fungsinya (spatial layout and fucctionality) dan petunjuk, simbol dan benda artifak (sign, symbol and artifact) berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan café Next Door di Kota Palu dengan kondisi lingkungan sekitar (ambient condition) (X1) sebesar 0.008 < 0.05, tata ruang dan fungsinya (spatial layout and fucctionality) (X2) sebesar 0.010 < 0.05, petunjuk, simbol dan benda artifak (sign, symbol and artifact) (X3) sebesar 0.005 < 0.05.
Kata Kunci: Servicescape dan Kepuasan Konsumen
Tidak tersedia versi lain