CD-ROM
ANALISIS SISTEM ANTRIAN PADA BANK SYARIAH MANDIRIBRANCH OFFICE PALU TADULAKO
ABSTRAK
Tujuan penelitian ini adalah untuk manganalisa karakterisitik antrian dan untuk mengetahui jumlah teller yang efisien pada Bank Syariah Mandiri Branch Office Palu Tadulako. Diperoleh dengan menghitung jumlah rata-rata kedatangan nasabah dan jumlah rata-rata nasabah yang dilayani per satuan waktu yang diformulasikan ke dalam rumus Model Antrian M/M/1. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dengan metode deskriktif. Dan teknik penarikan sampel menggunakan metode Accidental Sampling.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Bank Syariah Mandiri Branch Office Palu Tadulako memiliki karakteristik kedatangan berupa ukuran populasi kedatangan yang tidak terbatas, sifat kedatangan individu dengan pola kedatangan acak; memiliki karakteristik antrian yaitu kepanjangan antrian terbatas dengan pola pelayanan FCFS (First Come – First Served); dan memiliki karakteristik pelayanan Single Channel Single Phase. Jumlah teller yang ada pada saat ini sudah efisien.
Kata Kunci: System Antrian, Efisiensi Teller, Single Channel Single Phase
Tidak tersedia versi lain