Text
ANALISIS DAMPAK E-COMMERCE TERHADAP PENINGKATAN PENDAPATAN USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH(Studi Kasus Pada Usaha Mikro Kecil dan Menengah Yang Bergabung di Rumah Kreatif BUMN Telkom Kota Palu)
ABSTRAK
Andi Melyndah, C 301 14 319. “Analisis Dampak E-commerce Terhadap
Peningkatan Pendapatan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (Studi Kasus Pada
Usaha Mikro Kecil dan Menengah Yang Bergabung di Rumah Kreatif BUMN
Telkom Kota Palu)”. Dibimbing oleh Abdul Pattawe dan Ni Made Suwitri
Parwati.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis dampak dari
penggunaan situs E-commerce terhadap peningkatan pendapatan UMKM di Kota
Palu. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif. Data yang digunakan
adalah data primer dan data sekunder. Metode analisis data yang digunakan
adalah metode analisis data kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kedua
informan dalam penelitian ini yaitu HJ Mbok Sri dan Bawang Goreng Narasa
merasakan dampak dan terjadi peningkatan pendapatan setelah memanfaatkan
situs E-commerce (Bukalapak, Tokopedia dan Shopee) sebagai media penjualan
dan pemasaran produk. Kirey Food Oparu tidak merasakan dampak dan tidak
terjadi peningkatan pendapatan setelah menggunakan situs E-commerce
(Bukalapak).
Kata Kunci: E-commerce, Peningkatan Pendapatan, UMKM
Tidak tersedia versi lain