Text
PENGARUH KUALITAS LAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN MENGGUNAKAN JASA PENGIRIMAN J&T EKSPRES DI KOTA PALU
Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Konsumen Menggunakan Jasa Pengiriman J&T Ekspres
Ni Komang Luh Puspita Sari
Rahmat Mubaraq
Program Studi S1 Fakultas Ekonomi Universitas Tadulako
Email: luh.puspitasari1398@gmail.com
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kualitas layanan ter-hadap kepuasan konsumen menggunakan jasa pengiriman J&T ekspres di kota Palu. Variabel bebas dalam penelitian ini terdiri dari bukti fisik, empati, kehan-dalan, daya tanggap dan jaminan. Variabel terikat adalah kepuasan konsumen. Sampel yang peneliti gunakan adalah 90 responden dengan teknik penarikan sam-pel adalah purposive sampling. Metode analisis data yang digunakan adalah Re-gresi Linear Berganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa variabel kualitas layanan yang terdiri dari bukti fisik, empati, kehandalan, daya tanggap dan jami-nan secara serempak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen meng-gunakan jasa pengiriman J&T Ekspres di Kota Palu. Jaminan memiliki pengaruh dominan terhadap kepuasan konsumen menggunakan jasa pengiriman J&T Ek-spres di Kota Palu.
Kata kunci: Kualitas Layanan Dan Kepuasan Konsumen
iv
Tidak tersedia versi lain