SISTEM PERPUSTAKAAN TERINTEGRASI UNIVERSITAS TADULAKO

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title
Penanda Bagikan

Text

ANALISIS PEMASARAN KOPRA DI DESA MELI KECAMATAN BALAESANG KABUPATEN DONGGALA

Arini, Nurul C 101 13 116 - Nama Orang;

ABSTRAK
NURUL ARINI ( C 101 13 116 ) Analisis Pemasaran Kopra di Desa Meli Kecamatan Balaesang Kabupaten Donggala. Yang dibimbing oleh Pembimbing Utama Bapak Anhulaila dan Pembimbing Pendamping Bapak H. Armin Muis.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) saluran pemasaran kopra yang ada di Desa Meli (2) margin antara lembaga pemasaran (3) efisiensi dari pemasaran kopra yang ada di Desa Meli. Metode dalam penelitian ini yaitu metode deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan teknik observasi, wawancara dan kuesioner. Teknik penarikan sampel adalah metode sampling jenuh atau sensus, dimana semua populasi digunakan sebagai responden yaitu sebanyak 34 responden petani, 3 pedagang pengumpul dan 1 pedagang besar. Jumlah keseluruhan responden sebanyak 38 orang. Analisis yang digunakan meliputi saluran pemasaran, margin pemasaran dan efisiensi pemasaran.
Hasil penelitian menunjukan bahwa saluran pemasaran yang ada di Desa Meli yaitu pola pemasaran I: petani menjual hasil komoditi kopranya kepada pedagang pengumpul kemudian menjual hasil pengumpulan komoditi kopra kepada pedagang besar lalu dijual kepada ekportir dan pola pemasaran II: petani menjual hasil komoditi kopranya langsung kepada pedagang besar kemudian kembali hasil komoditi kopra tersebut dijual kepada eksportir. Total margin untuk setiap lembaga pemasaran yaitu untuk saluran pemasaran I total margin pemasaran sebesar Rp.1.300 dan saluran pemasaran II sebesar Rp.800. Dengan demikian, bagian harga yang paling besar diterima oleh petani adalah pada saluran II. Nilai efisiensi pemasaran yang dicapai pada pola saluran I yaitu 0,54 persen, dan pola saluran II yaitu 0,49 persen. Hasil perhitungan efisiensi menunjukan bahwa saluran pemasaran II merupakan saluran yang lebih efisien dibandingkan dengan pola saluran pemasaran I. Hal ini karena pola saluran pemasaran II dapat menekan biaya sehingga memperoleh keuntungan terbesar dibandingkan dengan pola saluran pemasaran I.

Kata Kunci : Saluran Pemasaran, Margin Pemasaran, Efisiensi Pemasaran dan Kopra.


Ketersediaan
#
Perpustakaan Fekon Belum memasukkan lokasi
S-C10113116
Tersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
338.9 ARI a Skripsi 2020
Penerbit
: ., 2020
Deskripsi Fisik
xv, 62 hlm.: ilus.; 30 cm.
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
338.9
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
-
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
NURUL ARINI
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

SISTEM PERPUSTAKAAN TERINTEGRASI UNIVERSITAS TADULAKO
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?