Text
ANALISA ASIMETRI INFORMASI DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP MANAJEMEN LABA PADA INDUSTRI MANUFAKTUR YANG GO PUBLIC DI BURSA EFEK INDONESIA
ABSTRAK
Fannia Fidyaningsih C 201 13 111, “Analisa Asimetri Informasi dan Ukuran Perusahaan Terhadap Manajemen Laba pada Industri Manufaktur yang Go Public di Bursa Efek Indonesia”, dibimbing oleh Bapak Prof. Dr. Muslimin, SE.,MM dan Bapak Drs. H. Muh. Faisal, SE.,MSi.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah asimetri informasi dan ukuran perusahaan berpengaruh secara parsial maupun simultan terhadap manajemen laba pada Industri Manufaktur yang go public di Bursa Efek Indonesia (BEI). Penelitian ini menggunakan teori agensi untuk menjelaskan pengaruh asimetri informasi, ukuran perusahaan pada manajemen laba. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Pemilihan sampel dilakukan dengan metode purposive sampling. Data yang digunakan adalah data sekunder. Metode analisis data menggunakan analisis regresi berganda. Populasi data dalam penelitian ini adalah seluruh Industri Manufaktur yang Go public di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada periode tahun 2012-2016 sejumlah 146 perusahaan, dan Sampel yang diambil sejumlah 13 perusahaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Asimetri informasi dan Ukuran perusahaan secara simultan berpengaruh negatif atau tidak memiliki hubungan yang signifikan terhadap manajemen laba. Asimetri informasi secara parsial berpengaruh negatif atau tidak memiliki hubungan yang signifikan terhadap manajemen laba, sedangkan ukuran perusahaan secara parsial berpengaruh negatif atau tidak memiliki hubungan yang signifikan terhadap manajemen laba.
Kata Kunci : Asimetri Informasi, Ukuran Perusahaan, Manajemen Laba.
Tidak tersedia versi lain