Text
PENGARUH IKLAN DAN WORD OF MOUTH TERHADAP BRAND AWARENESS MARKETPLACE SHOPEE (STUDI PADA MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNIVERSITAS TADULAKO DI KOTA PALU)
ABSTRAK
“Pengaruh Iklan dan Word of Mouth Terhadap Brand Awareness Marketplace Shopee (Studi Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Tadulako di Kota Palu)
Rizkita Amallia, C 201 16 113, dibimbing oleh Syamsul Bachri
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh iklan dan word of Mouth terhadap brand awareness marketplace Shopee (studi pada mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Tadulako di Kota Palu). Permasalahan yang dikemukakan dalam penelitian ini yaitu apakah terdapat pengaruh serempak dan parsial yang signifikan variabel iklan dan word of mouth terhadap brand awareness marketplace Shopee. Dari permasalahan di atas, diajukan hipotesis penelitian bahwa diduga terdapat pengaruh signifikan dari kedua variabel X tersebut terhadap variabel Y. Untuk membuktikan hipotesis tersebut, peneliti menggunakan analisis regresi linear berganda dengan aplikasi SPSS 16.0. dari hasil penelitian ditemukan bahwa iklan dan word of mouth secara serempak terdapat pengaruh signifikan terhadap brand awareness, dilihat dari nilai sig.F lebih kecil dari α (0,000 < 0,05). Kemudian iklan berpengaruh signifikan terhadap brand awareness, dilihat dari nilai sig.t lebih kecil dari α (0,000 < 0,05). Kemudian word of mouth berpengaruh signifikan terhadap brand awareness, dilihat dari nilai sig.t lebih kecil dari α (0,031 < 0,05).
Kata Kunci: iklan, word of mouth, brand awareness, marketplace Shopee
Tidak tersedia versi lain