SISTEM PERPUSTAKAAN TERINTEGRASI UNIVERSITAS TADULAKO

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title
Penanda Bagikan

Text

ANALISIS PEMASARAN JAGUNG ( Zea Mays ) DI DESA GUNUNGSARI KECAMATAN BOLANO-LAMBUNU KABUPATEN PARIGI MOUTONG

Masruin C101 13 117 - Nama Orang;

ABSTRAK


MASRUIN C 101 13 117, Analisis pemasaran jagung (zea mays) di Desa gunungsari Kecamatan Bolano-lambunu Kabupaten Parigi-Moutong, yang dibimbing oleh Pembimbing Utama Bapak Armin Muis. dan Pembimbing Pendamping Bapak Risman.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) saluran pemasaran jagung yang ada di Desa Gunungsari (2) margin antara lembaga pemasaran jagung yang ada di Desa Gunungsari. Metode dalam penelitian ini yaitu metode deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan teknik observasi, wawancara dan kuesioner. Teknik penarikan sampel adalah simple random samplinguntuk petani dan untuk pedagang digunakan teknik traicing sampling.Analisis yang digunakan meliputi saluran pemasaran, margin pemasaran dan efisiensi pemasaran.Hasil temuan menunjukan bahwa saluran pemasaran yang ada di Desa Gunungsariyaitu pola pemasaran I: petani menjual hasil komoditi jagungya kepada pedagang tengkulak kemudian menjual hasil pengumpulan komoditi jagung kepada pedagang besar lalu dijual kepada ekportir dan pola pemasaran II: petani menjual hasil komoditi jagung langsung kepada pedagang besar kemudian kembali hasil komoditi jagung tersebut dijual kepada eksportir. Total margin untuk setiap lembaga pemasaran yaitu untuk saluran pemasaran I total margin sebesar Rp.800 dan saluran pemasaran II total margin pemasaran sebesar Rp.1.000. Nilai efisiensi pemasaran yang dicapai pada pola saluran I yaitu 0,60 persen dan pola saluran II yaitu 0,33 persen. Hasil perhitungan efisiensi menunjukan bahwa saluran pemasaran II merupakan saluran yang lebih efisien dibandingkan dengan pola saluran pemasaran I. Hal ini karena pola saluran pemasaran II dapat menekan biaya sehingga memperoleh keuntungan terbesar dibandingkan dengan pola saluran pemasaran I.

Kata Kunci : Saluran Pemasaran,dan Margin Pemasaran jagung.


Ketersediaan
#
Perpustakaan Fekon Belum memasukkan lokasi
S-C10113117
Tersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
338.9 MAS a Skripsi 2020
Penerbit
: ., 2020
Deskripsi Fisik
xiv, 64 hlm.: ilus.; 30 cm.
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
338.9
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
-
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
MASRUIN
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

SISTEM PERPUSTAKAAN TERINTEGRASI UNIVERSITAS TADULAKO
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?