Text
PENGARUH PERSEPSI KEMUDAHAN, KEMANFAATAN, DAN RISIKO PENGGUNA INTERNET MARKETING TERHADAP MINAT BERTRANSAKSI ONLINE DENGAN KEPERCAYAAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING(Studi Pada Pengunjung Toko Online Kota Palu)
ABSTRAK
Sri wahyuni, C 302 18 002. Pengaruh persepsi kemudahan, kemanfaatan dan risiko pengguna internet marketing terhadap minat bertransaksi online dengan kepercayaan sebagai variabel intervening studi pada pengunjung Toko online di Kota Palu, dibimbing oleh Chalarce Totanan selaku pembimbing I dan Sudirman selaku pembimbing II
Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh langsung persepsi kemudahan, kemanfaatan, dan risiko pengguna internet marketing terhadap minat bertransaksi online dengan kepercayaan sebagai variabel intervening. Populasi penelitian ini adalah pengguna media sosial facebook dan instagram yang berada di Kota Palu. Pemilihan sampel menggunakan sampling Aksidential yang merupakan teknik penentuan sampel berdasarkan kebetulan, yaitu siapa saja secara kebetulan bertemu dengan peneliti dapat digunakan sebagai sampel. Jumlah sampel sebanyak 150 dari indikator pertanyaan dalam koesioner mengacu pada Hair dengan rumus n x 5 yaitu sampel dan cara penyebaran koesioner menggunakan google form. Metode analisis yang digunakan adalah Partial Least Square (PLS) dengan aplikasi smartPLS 3.0. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa : Persepsi kemudahan dan kepercayaan, berpengaruh signifikan positif terhadap minat bertransaksi online, Persepsi kemanfaatan tidak berpengaruh terhadap minat bertransaksi online, dan Persepsi risiko berpengaruh signifikan negatif terhadap minat bertransaksi online. Persepsi kemudahan dan persepsi risiko berpengaruh secara langsung terhadap minat bertransaksi online yang dimediasi oleh kepercayaan dan Persepsi kemanfaatan tidak berpengaruh terhadap minat bertransaksi online yang dimediasi oleh kepercayaan.
Kata Kunci : Persepsi Kemudahan, Kemanfaatan, Risiko, Kepercayaan, Minat bertransaksi online
Tidak tersedia versi lain