Text
PENGARUH CELEBRITY ENDORSER TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SMARTPHONE MEREK OPPO PADA MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNIVERSITAS TADULAKO DI KOTA PALU
ABSTRAKSI
Angela Nainggolan, Stambuk: C20116150, Judul Penelitian “Pengaruh
Celebrity Endorser Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Merek OPPO
Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Tadulako di Kota
Palu.” Dibimbing Oleh Ibu Ira Nuriya Santi.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh celebrity endorser
terhadap keputusan pembelian smartphone merek OPPO pada Mahasiswa Fakultas
Ekonomi dan Bisnis Universitas Tadulako. Metode penelitian yang digunakan pada
penelitian ini adalah metode deskriptif kausal. Teknik analisis yang digunakan yaitu
analisis regresi linear berganda. Teknik penarikan sampel menggunakan
nonprobability sampling dengan bentuk purposive sampling. Jumlah sampel yang
digunakan dalam penelitian ini yaitu sebanyak 66 responden. Hasil penelitian ini
menunjukkan bahwa variabel celebrity endorser yang meliputi trustworthiness,
expertise, attractiveness, respect, dan similarity secara serempak dan parsial
berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian smartphone merek OPPO
pada mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Tadulako.
Kata Kunci: Celebrity Endorser, Trustworthiness, Expertise, Attractiveness,
Respect, Similarity, dan Keputusan Pembelian.
Tidak tersedia versi lain