Text
PENGARUH EFEKTIVITAS IKLAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PISANG NUGGET BANANABIM(Studi Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Tadulako di Kota Palu)
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas iklan media sosial instagram pisang nugget Bananabim di Kota Palu berdasarkan analisis EPIC Model dan pengaruhnya terhadap keputusan pembelian secara serempak dan parsial melalui Analisis Regresi Linear Berganda. Sampel pada penelitian ini diambil sebanyak 55 responden dengan teknik accidental sampling. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode kuesioner yang disebarkan secara online melalui google form. Metode analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah metode EPIC Model dan Analisis Regresi Linear Berganda. Pengolahan data menggunakan software SPSS version 21 for windows. Hasil analisis berdasarkan EPIC Model diketahui bahwa iklan media sosial instagram pisang nugget Bananabim di Kota Palu dinilai efektif dalam memperkenalkan produknya kepada mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Tadulako. Hasil Analisis Regresi Linear Berganda melalui pengujian hipotesis secara serempak menunjukkan bahwa hasil analisis keempat variabel yaitu empati, persuasi, dampak dan komunikasi secara serempak berpengaruh signifikan terhadap keputusan mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Tadulako dalam melakukan pembelian pisang nugget Bananabim di Kota Palu. Pengujian hipotesis secara parsial menunjukkan bahwa keempat variabel yang diteliti masing-masing secara parsial berpengaruh signifikan terhadap keputusan mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Tadulako dalam melakukan pembelian pisang nugget Bananabim di Kota Palu.
Kata Kunci: Efektivitas Iklan, EPIC Model, Instagram, Keputusan Pembelian
Tidak tersedia versi lain