Text
Pengaruh Bauran Pemasaran Jasa Terhadap Keputusan Pasien Rawat Inap di Rumah Sakit Undata Palu.
ABSTRAK
Chardani Wirabuana Putra, Pengaruh Bauran Pemasaran Jasa Terhadap Keputusan Pasien Rawat Inap di Rumah Sakit Undata Palu, dibimbing oleh Syamsul Bachri dan Vitayanti Fattah.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh bauran pemasaran jasa secara simultan dan parsial terhadap keputusan pasien rawat inap di RSUD Undata Palu. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pasien yang menjalani rawat inap di RSUD Undata Palu. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 100 responden. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kausal dengan teknik analisis data menggunakan analisis regresi linear berganda. Teknik analisis data dalam peneliatian ini menggunakan program SPSS. Hasil penelitian menunjukan bahwa variabel bauran pemasaran jasa (produk, harga, promosi, tempat, orang, proses, bukti fisik dan layanan pelanggan) secara simultan memiliki pengaruh yang positif signifikan terhadap keputusan pasien yang mana nilai signifikan F 0.000 < 0.05. Untuk hasil uji pasrisal diperoleh bawha variabel produk berpengaruh positif dan signifikan terhdapa keputusan pasien dengan nilai Sig-t 0.026. Variabel promosi berpengaruh positif dan signifikan terhdap keputusan pasien dengan nilai Sig-t 0.046. Variabel proses berpengaruh positif dan signifikan terhdap keputusan pasien dengan nilai Sig-t 0.000. Variabel layanan pelanggan berpengaruh positif dan signifikan terhdap keputusan pasien dengan nilai Sig-t 0.030. Sedangkan variabel harga, tempat, orang dan bukti fisik tidak terdapat pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pasien dikarenakan nila Sig-t > 0.05.
Kata Kunci : Bauran Pemasaran Jasa, Layanan Pelanggan, Keputusan Pembelian.
Tidak tersedia versi lain