TESIS
PENGARUH PELATIHAN DAN TUNJANGAN PROFESI TERHADAP MUTU GURU SMPN KOTA PALU DENGAN KOMPETENSI GURU SEBAGAI VARIABEL INTERVENING.
ABSTRAK
Riska Dwi Putri. “Pengaruh Pelatihan dan Tunjangan Profesi Terhadap Mutu Guru SMPN Kota Palu Dengan Kompetensi Sebagai Variabel Intervening . (Dibimbing Oleh Dr. Bakri Hasanuddin, S.E.M.Si dan HarnidaWahyuniAdda, S.E, M.A.Ph.D)
Tujuan penelitian ini yaitu: 1) Untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh pelatihan terhadap kompetensi guru SMPN Kota Palu. 2). Untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh tunjangan profesi terhadap kompetensi guru SMPN Kota Palu. 3) Untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh kompetensi terhadap mutu guru SMPN Kota Palu. 4) Untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh langsung pelatihan terhadap mutu guru SMPN Kota Palu. 5) Untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh langsung tunjangan profesi terhadap mutu guru SMPN Kota Palu. Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif asosiatif.. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah guru SMPN Kota Palu yang telah tersertifikasi berjumlah 775 orang. Berdasarkan jumlah populasi maka sampel yang ditarik sesuai dengan kriteria jumlah sampel pada analisis model SEM, Penelitian ini menggunakan parameter maximum likelihood estimation sehingga sampel ditetapkan sebesar 140 orang responden. Berdasarkan hasil pengujian, disimpulkan bahwa: 1) Variabel pelatihan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kompetensi guru SMPN Kota Palu. 2) Variabel tunjangan profesi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kompetensi guru SMPN Kota Palu. 3Variabel kompetensi guru berpengaruh positif dan signifikan terhadap mutu guru SMPN Kota Palu. 4) Variabel pelatihan secara langsung berpengaruh positif terhadap mutu guru SMPN Kota Palu. 5) Variabel tunjangan profesi secara langsung berpengaruh positif dan signifikan terhadap mutu guru SMPN Kota Palu.
Kata Kunci : Pelatihan, Tunjangan Profesi, Kompetensi dan Mutu
Tidak tersedia versi lain