SISTEM PERPUSTAKAAN TERINTEGRASI UNIVERSITAS TADULAKO

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title
Penanda Bagikan

TESIS

Supervisi Kepala Sekolah dan Penerapan Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Dalam Meningkatkan Kinerja Guru di SMP Negeri 22 Palu.

Damayanti, Anita C 202 16 030 - Nama Orang;

ABSTRAK


Anita Damayanti, Supervisi Kepala Sekolah dan Penerapan Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Dalam Meningkatkan Kinerja Guru di SMP Negeri 22 Palu (dibimbing oleh Harnida Wahyuni Adda dan Darman).

Tujuan penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) Untuk mengetahui pelaksanaan supervisi kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru di SMPN 22 Palu; dan (2) Untuk mengetahui penerapan MGMP dalam meningkatkan kinerja guru di SMPN 22 Palu. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dimana dalam menganalisis data menggunakan model strategi analisis deskriptif dengan informan penelitian adalah guru berjumlah 8 orang di SMP Negeri 22 Palu. Jenis dan sumber data yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari data primer dan data sekunder dengan teknik pengumpulan data terdiri dari observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model triangulasi dalam menentukan proses analisis data dengan membandingkan data hasil pengamatan dengan data hasil wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Pelaksanaan supervisi kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru di SMPN 22 Palu adalah guru telah dapat mengembangkan kemampuan dan keterampilan guru dalam proses belajar mengajar, mengetahui kekurangan dan kelebihan yang dimiliki untuk meningkatkan kualitas mengajar, menyiapkan perangkat pembelajaran serta melaksanakan pembelajaran sesuai kurikulum; pelaksanaan MGMP dalam meningkatkan kinerja guru di SMPN 22 Palu adalah guru telah dapat meningkatkan kemampuan merancang rencana pembelajaran, melakukan penilaian dan evaluasi berdasarkan kurikulum, melakukan pengembangan diri untuk meningkatkan kompetensi sebagai guru professional, serta menggunakan teknologi informasi dan komunikasi untuk menambah wawasan dalam menyiapkan bahan ajar; dan Pelaksanaan supervisi kepala sekolah dan penerapan MGMP memberikan suatu sumbangan efektif terhadap peningkatan kinerja guru di SMPN 22 Palu.


Kata Kunci: Supervisi Kepala Sekolah, Penerapan MGMP, Kinerja Guru.


Ketersediaan
#
Perpustakaan Fekon Belum memasukkan lokasi
T-C20216030
Tersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
658 DAM s Tesis 2019
Penerbit
: ., 2019
Deskripsi Fisik
xiv, 133 hlm.: ilus.; 30 cm.
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
658
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Manajemen
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
ANITA DAMAYANTI
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

SISTEM PERPUSTAKAAN TERINTEGRASI UNIVERSITAS TADULAKO
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?