Skripsi
PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL, RELIGIUSITAS, DAN PRESTASI BELAJAR TERHADAP PERILAKU ETIS MAHASISWA AKUNTANSI(Studi Pada Mahasiswa Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Tadulako)
ABSTRAK
SUGIANTO SUDARSO, C301 16 248. Pengaruh Kecerdasan Emosional, Religiusitas dan Prestasi Belajar Terhadap Perilaku Etis Mahasiswa Akuntansi. Di bimbing oleh Fadli Moh. Saleh, selaku pembimbing I dan Mustamin selaku pembimbing II
Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis Pengaruh Kecerdasan Emosional, Religiusitas dan Prestasi Belajar Terhadap Perilaku Etis Mahasiswa Akuntansi. Jenis penelitian ini termasuk jenis penelitian survei. Penelitian ini dilakukan pada Mahasiswa Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Tadulako di Kota Palu dan jumlah sampel yang ditetapkan sebanyak 92 responden, kemudian sampel tersebut diambil berdasarkan metode Proportional Random Sampling. Pengumpulan data dilakukan secara online dengan menggunakan google form. Metode analisis data yang digunakan yaitu metode regresi linier berganda dengan bantuan alat analisis software SPSS versi 21.0. Data telah memenuhi uji instrumen penelitian dan uji asumsi klasik. Pengujian hipotesis menunjukkan bahwa variabel independen yaitu kecerdasan emosional, religiusitas dan prestasi belajar terbukti secara serempak berpengaruh positif terhadap variabel dependen yaitu perilaku etis mahasiswa akuntansi. Sementara Kecerdasan emosional, religiusitas, dan prestasi belajar juga berpengaruh secara parsial terhadap perilaku etis mahasiswa akuntansi.
Kata kunci : Kecerdasan Emosional, Religiusitas, Prestasi Belajar, Perilaku Etis.
Tidak tersedia versi lain