Text
Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Jasa Travel Penerbangan Pada PT. Ramedia Palu
ABSTRAK
Berliana M. Sidabariba, C 201 11 139, Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Konsumen Menggunakan Jasa Travel Penerbangan Pada PT. Ramedia Palu. Penulisan skripsi ini di bawah bimbingan Wahyuningsih, S.E., M.Sc., Ph.D. selaku Pembimbing I, dan Ponirin, S.E., M.Bus., Ph.D., selaku Pembimbing II, Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Tadulako.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh secara simultan dan parsial dari kualitas layanan yang terdiri dari kehandalan (reliability) (X1), daya tanggap (responsiveness)(X2), jaminan (assurance)(X3), empati (empathy)(X4), dan bukti fisik (tangible)(X5) terhadap kepuasan konsumen menggunakan jasa travel penerbangan PT. Ramedia Palu. Jenis penelitian ini adalah deskriptif-kausal dengan pendekatan kuantitatif, mengunakan teknik sampling kuota, dengan jumlah sampel 60 responden yang merupakan pembeli dan pengguna tiket penerbangan travel PT. Ramedia Palu, pengambilan data menggunakan teknik kuesioner dan kemudian diolah menggunakan alat analisis regresi linier berganda dengan program SPSS 16.0. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa variabel reliability (X1), responsiveness (X2), assurance (X3), empathy (X4), dan tangible (X5) secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen (Y) dengan nilai sig sebesar 0,000 yang berarti < 0,05. Selanjutnya variabel reliability (X1) dengan nilai sig sebesar 0,007, variabel assurance (X3) dengan nilai sig sebesar 0,034, dan variabel tangible (X5) dengan nilai sig 0,001. Nilai sig dari variabel-variabel tersebut < 0,05, yang berarti secara parsial berpengaruh signifikan terhadap variabel kepuasan konsumen (Y). Sedangkan dua variabel lainnya yaitu responsiveness (X2) dan variabel empathy (X4) masing-masing memiliki nilai sig sebesar 0,195 dan 0,088 yang > 0,05. Maka kedua variabel tersebut secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen (Y).
Kata Kunci :
Reliability, Responsiveness, Assurance, Empathy, Tangible, dan Kepuasan Konsumen.
Tidak tersedia versi lain