Text
Pengaruh Kualitas Layanan terhadap Kepuasan Pelanggan Pada perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Dharma di Kota Palu di Kecamatan Palu Timur
ABSTRAKSI
Mitha Sazmitha U. “Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Dharma Di Kota Palu”. (Dibimbing oleh H. Syamsul Bahri dan Adfiyani Fadjar).
Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui: 1) Pengaruh positif secara simultan kualitas layanan yang terdiri dari profesionalsm and skill (X1), attitudes and behavior (X2), accessibility and flexibility (X3), reliability and trustworthiness (X4), recovery (X5), dan reputation and credibility (X6) terhadap kepuasan pelanggan PDAM di Kota Palu; 2) Pengaruh positif secara parsial profesionalsm and skill (X1) terhadap kepuasan pelanggan PDAM di Kota Palu; 3) Pengaruh positif secara parsial attitudes and behavior (X2) terhadap kepuasan pelanggan PDAM di Kota Palu; 4) Pengaruh positif secara parsial accessibility and flexibility (X3) terhadap kepuasan pelanggan PDAM di Kota Palu; 5) Pengaruh positif secara parsial reliability and trustworthiness (X4) terhadap kepuasan pelanggan PDAM di Kota Palu; 6) Pengaruh positif secara parsial recovery (X5) terhadap kepuasan pelanggan PDAM di Kota Palu; 7) Pengaruh positif secara parsial reputation and credibility (X6) terhadap kepuasan pelanggan PDAM di Kota Palu. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kausalitas dalam menjelaskan hubungan antar variabel yang diteliti dengan melibatkan 86 responden yang diambil dengan teknik simple random sampling.
Berdasarkan hasil pengujian dengan menggunakan analisis Regresi Linear Berganda, disimpulkan: 1) Kualitas layanan yang terdiri dari profesionalsm and skill (X1), attitudes and behavior (X2), accessibility and flexibility (X3), reliability and trustworthiness (X4), recovery (X5), dan reputation and credibility (X6) secara serempak berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan PDAM di Kota Palu; 2) Profesionalsm and skill (X1) berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan PDAM di Kota Palu; 3) Attitudes and behavior (X2) berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan PDAM di Kota Palu; 4) Accessibility and flexibility (X3) berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan PDAM di Kota Palu; 5) Reliability and trustworthiness (X4) positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan PDAM di Kota Palu; 6) Recovery (X5) berpengaruh tidak signifikan terhadap kepuasan PDAM di Kota Palu; 7) Reputation and credibility (X6) berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan PDAM di Kota Palu.
Kata kunci:
Kualitas Layanan, Kepuasan
Tidak tersedia versi lain