Text
Pengaruh Kualitas Layanan terhadap Kepuasan Konsumen pada Bengkel PT. Hasjrat Abadi di Kota Palu
ABSTRAK
Try Astuti W, C 201 11 108, Pengaruh Kualitas Layanan terhadap Kepuasan Konsumen Pada Bengkel PT. Hasjrat Abadi di Kota Palu, penulisan skripsi ini dibawah bimbingan Wahyuningsih, SE. M.Sc. Ph.D., selaku pembimbing I, Farid, SE. MM., selaku pembimbing II, Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Tadulako.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh secara serempak dan parsial dari tangibles (X1), reliability (X2), responsiveness (X3), assurance (X4), empathy (X5) terhadap kepuasan konsumen (Y) yang melakukan layanan servis pada PT. Hasjrat Abadi di Kota Palu.
Jenis penelitian ini yaitu jenis penelitian kuantitatif. Teknik penarikan sampel menggunakan metode accidental sampling, dengan jumlah sampel sebanyak 60 responden yang merupakan pelanggan yang melakukan servis di PT. Hasjrat Abadi di Kota Palu, pengambilan data menggunakan metode, wawancara dan kuesioner dan kemudian diolah menggunakan alat analisis regresi linear berganda dengan program SPSS 16.0.
Berdasarkan Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel tangibles (X1), reliability (X2), responsiveness (X3), assurance (X4), empathy (X5) terhadap kepuasan pelanggan yang melakukan layanan servis di PT. Hasjrat Abadi di Kota Palu (Y) , berpengaruh secara serempak dengan nilai signifikan sebesar 0.000 yang < α 0.05. Selanjutnya variabel tangibles (X1) dengan nilai signifikan sebesar 0.028, assurance (X4) dengan nilai sig sebesar 0.023, Nilai dari signifikan dari variabel-variabel tersebut < α 0.05 yang berarti secara parsial berpengaruh terhadap kepuasan konsumen yang melakukan layanan servis di PT. Hasjrat Abadi di Kota Palu (Y). Sedangkan tiga variabel lainnya yaitu kehandalan (X2) dengan nilai signifikan 0.116, daya tanggap (X3) dengan nilai signifikan 0.690 dan empati (X5) dengan nilai signifikan 0.054 yang masing-masing memiliki nilai > α 0.05 maka ketiga variabel tersebut tidak berpengaruh secara parsial terhadap kepuasan konsumen dalam melakukan Layanan servis di PT. Hasjrat Abadi di Kota Palu.
Kata Kunci: Tangibles, Reliability, Responsiveness, Assurance, Empathy dan Kepuasan Konsumen
Tidak tersedia versi lain