Text
Pengaruh Kualitas Layanan terhadap Loyalitas Konsumen Membeli Membeli Donat Di J’CO Dunnuts Kota Palu
ABSTRAK
Tiara Angraini: C 201 11 071, Judul Penelitian: “Pengaruh Kualitas Layanan terhadap Loyalitas Konsumen Membeli Membeli Donat Di J’CO Dunnuts Kota Palu”
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas layanan terhadap loyalitas konsumen membeli Donat Di J’CO Dunnuts Kota Palu.
Jenis penelitian ini merupakan gabungan antara penelitian deskriptif dan kausal. Penelitian ini dilakukan kepada konsumen yang pernah mengonsumsi J’CO Donnuts di Kota Palu dan jumlah sampel yang ditetapkan sebanyak 60 responden, kemudian sampel tersebut diambil berdasarkan metode accidental sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebar kuesioner. Metode analisis data dilakukan dengan metode regresi linear berganda menggunakan bantuan software SPSS versi 16. Data yang telah memenuhi uji instrumen penelitian dan uji asumsi klasik diolah sehingga menghasilkan persamaan regresi sebagai berikut:
Y = -1,222 + 0,222 + 0, 378 + 0,211 + 0,392 + 0,175
Dimana variabel Loyalitas Konsumen (Y) =-1,222, Tangible (X1)= 0,222; Empathy (X2)= 0,378; Responsivness (X3)= 0,211; Reliability (X4)= 0,392; Assurance (X5)= 0,175. Pengujian hipotesis menggunakan uji F menunjukkan bahwa kelima variabel independen yang diteliti terbukti secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel dependen loyalitas konsumen dengan nilai sig-F sebesar 0,000 ≤ α 0,05 pada tingkat kepercayaan 95%. Kemudian melalui uji t dapat diketahui bahwa Tangible, Empathy, Responsivness, Reliability, dan Assurence secara parsial berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen dengan nilai sig-t masing-masing sebesar X1 = 0,006, X2 = 0,000, X3 = 0,022, X4 = 0,000, X5 = 0,017 ≤ α 0,05 pada tingkat kepercayaan 95%. Nilai R2 sebesar 0,677 dengan demikian kelima variabel bebas yang diteliti secara serempak memberikan pengaruh terhadap variabel terikat (loyalitas konsumen) sebesar 67,7% sementara sisanya 32,3% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti.
Kata Kunci: Loyalitas Konsumen, Kualitas Layanan, J’CO Donuts
Tidak tersedia versi lain