Text
Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Konsumen Dealer Motor Honda Berkat Jaya Di Kota Bungku
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh kualitas layanan yang terdiri atas bukti fisik, perhatian, kehandalan, cepat tanggap, dan jaminan terhadap kepuasan konsumen dealer motor Honda berkat jaya dikota bungku. Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah kualitas layanan yang terdiri dari bukti fisik, perhatian, kehandalan, cepat tanggap, dan jaminan secara silmultan dan positif berpengaruh terhadap kepuasan konsumen dealer motor Honda dikota Bungku. Dari permasalahan diatas, diajukan hipotesis penelitian bahwa diduga terdapat pengaruh kualitas layanan yang terdiri atas bukti fisik, perhatian, kehandalan, cepat tanggap, dan jaminan secara silmultan dan positif berpengaruh terhadapkepuasan konsumen dealer motor Honda dikota Bungku. Untuk membuktikan hipotesis tersebut, peneliti menggunakan alat analisis regresi linear berganda. Dari hasil penelitian ditemukan bahwa secara simultan ternyata kualitas layanan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen dealer motor Honda. Dengan nilai uji F-hitung sebesar 15.632 atau sig.f = 0.000 < 0,05. Variabel yang dominan mempengaruhi kepuasan konsumen dealer motor Honda adalah variabel jaminan ( nilai t = 6.443 dan nilai koefisien regresi = 0.715 atau 71.5%). Selain itu, kontribusi pengaruh variabel bebas terhadap variabel terikat sebesar 0.546 atau 54.6% dan sisanya 45.4% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti.
Kata kunci: kualitas layanan dan kepuasan konsumen
Tidak tersedia versi lain