Text
PENGARUH KUALITAS LAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN MENGGUNAKAN JASA PENGIRIMAN BARANG PT.JALUR NUGRAHA EKAKURIR (JNE) DI KOTA PALU
v
PENGARUH KUALITAS LAYANAN TERHADAP KEPUASAN
PELANGGAN MENGGUNAKAN JASA PENGIRIMAN BARANG
PT.JALUR NUGRAHA EKAKURIR (JNE) DI KOTA PALU
Melinda Suryanti, C 201 12 043. Dibimbing oleh Zakiyah Zahara selaku
Pembimbing I dan Ponirin selaku Pembimbing II.
ABSTRAKSI
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh secara simultan dan
parsial dari Bukti Fisik (Tangibles) (X1), Kehandalan (Reliability) (X2), Daya
Tanggap (Responsiveness) (X3), Jaminan (Assurance) (X4), Empati (Emphaty)
(X5) terhadap Kepuasan Pelanggan (Y) menggunakan jasa pengiriman barang PT.
Jalur Nugraha Ekakurir (JNE) di Kota Palu.
Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan deskriptif kuantitatif dan jenis
penelitiannya studi kasus didukung dengan survey. Tipe penelitian ini adalah
penelitian penjelasan (Explanatoring Research). Teknik penarikan sampel
menggunakan metode purposive sampling , dengan jumlah sampel sebanyak 72
responden yang merupakan pengguna jasa pengiriman barang PT. Jalur Nugraha
Ekakurir di Kota Palu, pengambilan data menggunakan metode wawancara dan
kuesioner dan kemudian diolah menggunakan alat analisis regresi linier berganda
dengan program SPSS 16.0.
Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara simultan
dimensi Bukti Fisik (Tangibles), Kehandalan (Reliability), Daya Tanggap
(Responsiveness), Jaminan (Assurance), Empati (Emphaty) berpengaruh
signifikan terhadap Kepuasan Pelanggan (Y) menggunakan jasa pengiriman
barang. Selanjutnya secara parsial, hanya empat dimensi yaitu Kehandalan
(Reliability), Daya Tanggap (Responsiveness), Jaminan (Assurance), Empati
(Emphaty) yang berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan Pelanggan
menggunakan jasa pengiriman barang PT. Jalur Nugraha Ekakurir (JNE) di Kota
Palu.
Kata Kunci: Bukti Fisik (Tangibles), Kehandalan (Reliability), Daya Tanggap
(Responsiveness), Jaminan (Assurance), Empati (Emphaty), dan Kepuasan
Pelanggan
Tidak tersedia versi lain