Text
Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap Pada Puskesmas Pepakuliya di Kecamatan Bungku Tengah Kabupaten Morowali
ABSTRAK
NUR HIDAYAT H. ILYAS, Stambuk C 201 12 281, judul penelitian “Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap Pada Puskesmas Pepakuliya di Kecamatan Bungku Tengah Kabupaten Morowali”. Penulisan skripsi ini di bawah bimbingan Ibu Zakiyah Zahara selaku pembimbing I dan Ibu Fatlina Z selaku pembimbing II.
Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui apakah kualitas layanan yang terdiri dari variabel tangibles (bukti fisik), responsiveness (daya tanggap), reliability (keandalan), assurance (jaminan), dan empathy (empaty) berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pasien rawat inap pada Puskesmas Pepakuliya di Kecamatan Bungku Tengah Kabupaten Morowali. Metode penelitian adalah asosiatif. Teknik penarikan sampel menggunakan Non Probability Sampling, diperoleh sampel sebanyak 60 responden. Teknik analisis data adalah analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas layanan yang terdiri dari variabel tangibles (X1), responsiveness (X2), reliability (X3), assurance (X4), dan empathy (X5) secara simultan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pasien rawat inap pada Puskesmas Pepakuliya di Kecamatan Bungku Tengah Kabupaten Morowali. Sedangkan secara parsial kualitas layanan yang terdiri dari variabel tangibles (X1), responsiveness (X2), reliability (X3), assurance (X4), dan empathy (X5) berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pasien rawat inap pada Puskesmas Pepakuliya di Kecamatan Bungku Tengah Kabupaten Morowali.
Kata Kunci: Kualitas Layanan dan Kepuasan Pasien
Tidak tersedia versi lain