Text
EFEKTIVITAS SISTEM ANTRIAN PADA BAGIAN TELLER DI PT. BANK SULTENG CABANG BUNGKU
ABSTRAKS
RESA MIRAJ JUWITA, EFEKTIVITAS SISTEM ANTRIAN PADA BAGIAN TELLER DI PT. BANK SULTENG CABANG BUNGKU. Dibimbing oleh Saharuddin Kaseng selaku pembimbing I dan Suryadi Hadi selaku pembimbing II.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis sistem antrian yang diterapkan dalam memberikan pelayanan yang lebih baik kepada nasabah, dengan menghitung jumlah total rata-rata kedatangan nasabah dan jumlah total rata-rata orang yang dilayani persatuan waktu serta melakukan efektivitas jumlah teller yang beroperasi.
Hasil menunjukkan bahwa model jenis antrian yang digunakan pada PT. Bank
Sulteng Cabang Bungku adalah jenis antrian model Multi Channel - Singel Phase dengan menerapkan displin antrian yaitu First Come – First Servedsudah efektif dengan adanya penambahan jumlah teller dari awalnya dua teller menjadi tiga teller namun hanya pada waktu tertentu saja. Dari hasil perhitungan terlihat bahwa waktu terpanjang yang dibutuhkan nasabah semula 0,3078 jam atau 18 menit 28 detik menjadi 0,0132 jam atau 0 menit 47 detik serta antrian terpanjang hanya sebanyak 1 orang dan Faktor utilisasi yang semula 92,5% menjadi 61,6 %. Oleh karena itu, PT. Bank Sulteng cabang Bungku perlu mempertimbangkan tingkat kedatangan nasabah dan tingkat antrian yang terjadi setiap harinya. Agar kinerja operasional PT. Bank Sulteng Cabang Bungku secara keseluruhan tidak terganggu dan proses transaksi dapat berjalan secara efektif sehingga tidak membuat nasabah mengantri terlalu lama dalam melakukan transaksi.
Kata Kunci : Teori Antrian, Efektivitas, M/M/S
Tidak tersedia versi lain